Site icon Go Bekasi

Siap-siap, Pasien Corona yang Isolasi Mandiri di Rumah Bakal Dijemput Paksa ke Stadion Patriot

Ketersediaan Ruang Isolasi Covid-19 Kabupaten Bekasi Terisi 70 Persen, Ruang ICU Tersisa 5 Persen

Ruang Isolasi pasien Covid-19 di Stadion Patriot Candrabhaga

Pemerintah Kota Bekasi tak lagi mau kecolongan ada warga yang terkonfirmasi Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri, bebas kelutyuruan di luar rumah. Karenanya, mereka yang melakukan isolasi mandiri akan dijemput paksa mengisi ruang isolasi di Stadion Patriot Candrabahga.

Pemkot Bekasi akan mendata siapa saja pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di tempat tak memadai untuk segera dipindahkan dan dirawat di Stadion Patriot. Petugas akan menjemput menggunakan sarana mobil ambulance yang tersebar di 12 kecamatan.

“(Jemput pasien) kita akan lakukan insyaallah mulai besok, atau lusa. Kita pindahkan pasien (yang isolasi mandiri di rumah) ke Stadion Patriot,” kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Kamis (17/9/2020).

Rencananya, petugas yang telah melakukan tes swab dan rapid test kepada ribuan warga Kota Bekasi akan mendata. Mereka yang terkonfirmasi Covid-19 akan dikabarkan melalui call center dan diminta untuk melakukan isolasi di Stadion Patriot.

“Kita paksakan (jemput paksa) kalau tidak mau, apalagi kalau memang kondisi rumahnya tidak layak untuk melakukan isolasi mandiri, daripada menular ke keluarga yang lain atau lingkungan lebih baik di Stadion Patriot,” ujar Rahmat.

Ia menyampaikan, petugas yang melakukan perawatan merupakan pegawai pemerintah. Baik itu perawat dari Puskesmas maupun RSUD Kota Bekasi.

Pemkot Bekasi, sambung Rahmat, tidak melakukan proses penyeleksian untuk petugas yang menjaga pasien di Stadion Patriot. Yang jelas, perawat tersebut merupakan pegawai pemerintah.

Seluruh kepentingan isolasi di Stadion Patriot sendiri sudah siap digunakan. Pemkot Bekasi juga telah menyiapkan ruang ICU yang dilengkapi dengan oksigen dan ventilator untuk pasien terkonfirmasi Covid dengan gejala berat.

“Jangan mengkkhawatirkan makanan dan baju kotor, sudah disiapkan semua, kita ada catering dan baju kan akan di laundry. Semua fasilitas sudah disipakan, obat-obatan, vitamin juga sudah siap, perawat dan dokter sudah disiapkan,” pungkasnya.

(YUN)

Exit mobile version