Pastikan Kelancaran Arus Mudik dan Balik Idulfitri 1443 H, Pelayanan di Rest Area Jasa Marga Group Dimaksimalkan

  • Bagikan
Rest Area Jasa Marga Group
Rest Area Jasa Marga Group

Guna memastikan kelancaran pelaksanaan arus mudik dan balik Idulfitri 1443 H/2022 di rest area, PT Jasamarga Related Business (JMRB) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. yang mengelola Rest Area Travoy, bersama dengan mitra pengelola rest area lainnya di ruas jalan tol Jasa Marga Group, telah menyiapkan sejumlah kesiapan operasional di rest area.

Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT JMRB Tita Paulina Purbasari menjelaskan, seiring meningkatnya lalu lintas di ruas jalan tol pada periode arus mudik dan balik, maka okupansi rest area pun juga akan meningkat. Maka dari itu, PT JMRB melakukan berbagai upaya untuk mengoptimalkan kapasitas rest area untuk memastikan sirkulasi dan manuver kendaraan di rest area berjalan dengan baik.

“Salah satu yang akan kami lakukan untuk mengoptimalkan kapastias adalah dengan membuat rekayasa arus lalu lintas di dalam rest area, serta memaksimalkan kapasitas parkir,” ujar Tita.

Tita menambahkan, pada periode mudik dan balik Idulfitri 1443 H/2022, PT JMRB telah menambah toilet fungsional total sebanyak 1.061 unit di seluruh rest area di ruas jalan tol Jasa Marga Group. Menurut Tita, penambahan toilet fungsional di rest area merupakan implementasi dari instruksi Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Penambahan toilet fungsional juga kami lakukan demi menghindari penumpukan pengunjung di toilet-toilet eksisting. Karena, toilet merupakan salah satu fasilitas yang paling sering digunakan oleh pengunjung. Dan untuk memastikan kecukupan air bersih di toilet dan sarana ibdah, kami juga telah menambah pasokan air bersih,” jelas Tita.

Lebih lanjut Tita menambahkan, fasilitas lainnya yang sering digunakan adalah SPBU. Maka dari itu, PT JMRB telah berkoordinasi dengan PT Pertamina (Persero) untuk memastikan kecukupan BBM di SPBU rest area, serta menempatkan SPBU modular di 16 rest area di ruas jalan tol Jasa Marga Group yang dikelola PT JMRB.

SPBU modular ditempatkan di rest area bertipe B yang tidak terdapat SPBU besar, rest area fungsional, dan rest area yang berpotensi terjadi penumpukan. Kata Tita, SPBU modular ini akan beroperasi mulai dari 22 April 2022 hingga 11 Mei 2022.

PT JMRB juga telah melakukan sejumlah skema rekayasa arus lalu lintas di dalam rest area jika terjadi penumpukan kendaraan atau ketika dilakukan penerapan one way di jalan tol. Menurutnya, rekayasa buka-tutup akan diterapkan sesuai dengan diskresi pihak Kepolisian, jika terjadi kepadatan di dalam rest area hingga menyebabkan antrean hingga on ramp. Sedangkan skema rekayasa lalu lintas di dalam rest area telah diatur sedemikian rupa agar meminimalisir kepadatan.

Selain itu, Tita juga menjelaskan, untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 di rest area selama arus mudik dan balik Idulfitri 1443 H/2022, PT JMRB masih menerapkan protokol kesehatan di rest area.

Sejumlah protokol kesehatan y ang diterapkan di rest area di antaranya adalah mewajibkan pengunjung untuk mengenakan masker dan menghindari kerumunan, menyediakan sarana mencuci tangan dan hand sanitizer, memberlakukan scan barcode aplikasi PeduliLindungi di titik tertentu, serta melakukan pengecekan suhu tubuh kepada para pengujung. Selain itu, PT JMRB juga memberikan imbauan terkait waktu maksimal beristirahat di rest area.

Baca Juga: Lalu Lintas Mulai Mencair, Atas Diskresi Kepolisian Jasa Marga Kembali Buka Ruas Jalan Tol MBZ

“Sesuai dengan instruksi dari Kementerian PUPR, kami mengimbau kepada pengguna jalan tol bahwa durasi beristirahat di dalam rest area maksimal 30 menit. Selain sebagai upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19, imbauan tersebut juga berguna untuk menghindari kepadatan di dalam rest area, sehingga dapat memberikan kesempatan bagi pengguna jalan lainnya untuk dapat memanfaatkan fasilitas di rest area. Dalam memberikan imbauan tersebut, kami telah menempatkan sejumlah spanduk dan poster di titik-titik tertentu dan menyiarkan melalui public address. Kami juga telah mengimbau kepada para tenant rest area untuk menyiapkan makanan dalam kemasan agar para pengunjung dapat melakukan take away untuk mengurangi kepadatan,” Tita menjelaskan.

PT JMRB juga berharap akan kerja sama dari seluruh pengguna jalan agar dapat menaati aturan-aturan yang berlaku. Hal ini diimbau dalam rangka keselamatan dan kenyamanan bagi seluruh pengguna jalan.

Guna memaksimalkan pelayanan, PT JMRB pun telah berkoordinasi dengan sejumlah stakeholder untuk mendirikan posko pelayanan dan kesehatan di rest area. Posko pelayanan di rest area di ruas jalan tol Jasa Marga Group berjumlah 30 pos. Sedangkan posko kesehatan berjumlah 19 pos. Nantinya posko-posko ini akan membantu pengunjung yang membutuhkan informasi serta melakukan pengecekan kesehatannya selama perjalanan.

“Rest area juga menyiapkan fasilitas lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung, seperti bengkel darurat, gerai pengisian uang elektronik, hingga layanan vaksinasi gratis di beberapa rest area,” imbuhnya.

Dengan segala kesiapan operasional dan pelayanan yang dilakukan oleh Jasa Marga Group di rest area, khususnya oleh PT JMRB, Tita berharap penyelenggaraan mudik dan balik Idulfitri 1443 H/2022 dapat berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman.

  • Bagikan