Site icon Go Bekasi

Kejar Mimpi Tingkatkan Wawasan dan Kreativitas Anak-Anak di Rumah Pelangi Bekasi

Foto bersama setelah penampilan pensi (Sumber foto: Dokumentasi Kejar Mimpi Bekasi)

Foto bersama setelah penampilan pensi (Sumber foto: Dokumentasi Kejar Mimpi Bekasi)

Untuk meningkatkan pengetahuan dan melatih kreativitas anak-anak, Kejar Mimpi Bekasi yang disponsori oleh CIMB Niaga menyelenggarakan program Story of Bekasi Chapter 2 dengan tema “Joyful Learning for a Better Living“.  

Acara ini sukses diselenggarakan selama dua hari pada Sabtu-Minggu 18-19 Maret 2023 di Komunitas Rumah Pelangi Bekasi.

Kegiatan ini berbentuk contextual teaching, dimana proses pembelajaran dengan mengaitkan konten mata pelajaran dengan situasi dunia nyata dan motivasi peserta yang membentuk hubungan antara pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Komunitas Rumah Pelangi sendiri merupakan sebuah learning center bagi anak-anak masyarakat sekitar yang mayoritas orang tua nya berprofesi sebagai petani dan buruh untuk saling belajar, berbagi pengalaman, bertukar cerita dan saling menginspirasi bagi setiap orang didalamnya.

 

Program Story of Bekasi Chapter 2 pada hari pertama terdiri dari beberapa rangkaian acara, dimana acara pertama diisi dengan Story Telling berbasis observasi.

Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak dari usia 4 sampai 7 tahun. Anak-anak diajak untuk melihat lingkungan sekitarnya, lalu anak-anak diarahkan untuk menuangkan isi pikiran nya mengenai apa yang sudah mereka lihat dengan menggambar, kemudian anak-anak dapat menceritakan gambar yang telah dibuatnya.

Tujuannya ialah untuk melatih kemampuan bahasa pada anak, yang meliputi keterampilan komunikasi, tulisan hingga memahami alur cerita. Kegiatan pada hari pertama di tutup dengan sesi games edukasi yang bertujuan untuk melatih kemampuan motorik dan kerjasama tim pada anak-anak.

Tidak sampai disitu, kegiatan Story of Bekasi dilanjut pada hari kedua yang diisi dengan kegiatan melukis pada gypsum dan membuat kaos kaki tie dye yang bertujuan untuk melatih kreativitas dan jiwa seni pada anak-anak.

Kegiatan pada hari kedua ditutup dengan acara pentas seni yang dimeriahkan dengan penampilan alat musik angklung, tarian sirih kuning asal betawi dan pembacaan puisi, serta penampilan drama cerita motivasi dari para member Kejar Mimpi Bekasi.

Acara kemudian ditutup dengan menyanyikan lagu Laskar Pelangi dan Buka Semangat Baru bersama-sama.

 Peserta acara Story of Bekasi Chapter 2 menyampaikan rasa senangnya mengikuti rangkaian acara ini karena mereka mendapatkan wawasan yang baru dengan cara belajar yang berbeda dan lebih seru.

Harapannya acara ini dapat memberikan insight yang besar bagi anak-anak dan masyarakat setempat untuk menjawab kebutuhan dan perkembangan zaman saat ini.

Exit mobile version