# Go-News

Banjir, Lima Gerbang Tol Japek Ditutup Sementara

Banjir, Lima Gerbang Tol Japek Ditutup Sementara
Banjir, Lima Gerbang Tol Japek Ditutup Sementara

Sebanyak lima gerbang tol diruas tol Jakarta – Cikampek terpaksa ditutup sementara. Penutupan gerbang tol tersebut imbas dari genangan air yang meluap keruas tol terpadat di Indonesia tersebut. Namun, saat ini genangan tersebut sudah mulai berangsur surut setelah adanya penanganan lebih lanjut.

Kasubbag Humas PT Jasa Marga Cabang Jakarta – Cikampek, Hendra Damanik mengatakan, petugas telah melakukan penanganan di gerbang tol yang terendam banjir tersebut.

“Penanganan sedang berlangsung dan sudah mulai surut, walaupun lima gerbang tol harus ditutup sementara,” katanya, Selasa (25/2/2020).

Adapun lima gerbang tol yang terpaksa di tutup tersebut diantaranya : GT Pondok Gede Timur 2 (Km 8/Jatibening), GT Cikunir 3 (penutupan di jalur tol setelah JORR yang akan mengarah ke GT Cikunir 3), GT Cibatu arah Jakarta di Cikarang Selatan, GT Cikarang Barat 4 arah Jakarta dan GT Cikarang Barat 5

Hendra menjelaskan, genangan yang mulai berangsur surut arah Cikampek berada di Kilometer 08+800 (Jatibening), terdapat genangan 5-10 cm di Lajur 1 dan 2, masih dapat dilintasi seluruh jenis kendaraan.

“Sedangkan Rest Area KM 19 ditutup sementara karena adanya genangan sekitar 30 cm,” jelasnya.

Kemudian arah Jakarta yakni berada di Km 19, terdapat genangan 10-20cm di lajur 1, 2 dan 3. Pengguna jalan dapat melintas dengan menggunakan lajur 3 dan lajur 4.

  • Km 08+800 (Jatibening), saat ini berangsur surut. Genangan saat ini 10-30 cm di Lajur 1 dan 2, untuk Lajur 3 dan 4 sudah dapat dilintasi oleh seluruh jenis kendaraan.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru menambahkan, selain di tol Jakarta Cikampek, di Jalan tol Jagorawi terjadi genangan air di Kali Cipinang Km 3+800.

“Sudah berangsur surutb genangan air di tol Jagorawi,” katanya.

Namun, kata dia, saat ini masih ada genangan ada di bahu jalan dan lajur 1 setinggi 5-10 cm. Lajur 1 dapat dilalui semua jenis kendaraan. Sedangkan, terowongan dari GT Cikunir 4 arah Jatiasih ditutup sementara karena ada genangan air, dialihkan ke GT Kalimalang 2.

Untuk memastikan kondisi jalan tetap aman untuk pengguna jalan, saat ini petugas Jasa Marga menyiagakan perambuan serta penempatan petugas sebelum lokasi genangan air agar pengguna jalan dapat mengurangi kecepatan kendaraan dan mengantisipasi genangan air.

(FIR)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top