# Go-News

Corona, Bekasi Tunda Bursa Lowongan Kerja 2020

Ilustrasi bursa lowongan kerja
Ilustrasi bursa lowongan kerja

Pemerintah Kabupaten Bekasi terpaksa menunda pelaksanaan Job Fair atau bursa lowongan kerja pada tahun ini. Alasannya, wilayah yang memiliki 23 Kecamatan tersebut masih masuk zona kuning. Alhasil, Job Fair Kabupaten Bekasi 2020 ditunda hingga batas tidak ditentukan.

“Karena masih masuk zona kuning Covid-19, Job Fair 2020 kami tunda hingga kondisi wilayah masuk zona hijau,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi Suhup, Jum’at (17/7/2020).

Tahun sebelumnya, bursa lowongan kerja selalu menjadi magnet bagi para pencari kerja setiap tahunnya.

Menurut dia, Job Fair ini kerap ditunggu – tunggu warga Bekasi dan sekitarnya. Karena, banyak masyarakat yang memanfaatkan bursa ini untuk mencari pekerjaan di ribuan perusahaan industri di Bekasi.

“Biasanya Job Fair ini menyerap hingga ribuan tenaga kerja,” katanya.

Suhup menjelaskan, bursa lowongan kerja sedianya dilaksanakan dua kali dalam setahun namun pandemi COVID-19 yang tak kunjung berakhir memaksa pihaknya untuk meniadakannya tahun ini.

“Ya mau tidak mau terpaksa kita tiadakan. Anggarannya pun dialihkan untuk penanganan COVID-19,” jelasnya.

Pihaknya khawatir jika kegiatan tersebut dipaksakan untuk dilaksanakan justru akan berpotensi memunculkan kasus baru penyebaran COVID-19 meski pemerintah telah memutuskan sejumlah kelonggaran aktivitas masyarakat guna menghidupkan kembali roda perekonomian.

Suhup mengungkapkan di Kabupaten Bekasi bukan hanya kegiatan bursa lowongan kerja saja yang ditunda namun juga kegiatan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain yang terpaksa ditunda dengan alasan yang sama. Apalagi, kegiatan ini ditunda demi menjaga penularan Covid-19.

Kabid Penempatan Perluasan Kerja dan Transmigrasi pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi Douglas Siregar mengatakan bursa lowongan kerja sedianya dilakukan dua kali dalam setahun yakni pada Bulan Juli dan Desember.

“Jadi anggaranya bergeser ditahun 2021 mendatang,” katanya.

(GAL)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top