# Go-News

Gedung Juang Bakal Disulap jadi Pusat Kebudayaan Daerah

Gedung Juang Bekasi

Nama Gedung Juang mungkin sudah tidak asing di Kabupaten Bekasi. Gedung Juang sempat di lupakan oleh pemerintah setempat. Kini, nasib Gedung Juang sudah di depan mata.

Pemerintah Kabupaten Bekasi berencana “menyulap” Gedung bersejarah itu. Gedung Juang yang terletak di Jalan Sultan Hasanudin, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, direncanakan menjadi pusat kebudayaan daerah.

“Kami berencana menjadikan Gedung Juang sebagai kebudayaan daerah,” kata Plt Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, dalam kunjungannya di Gedung Juang.

Menurut Eka, menjadikan Gedung Juang sebagai pusat kebudayaan daerah agar dapat menjaga nilai-nilai sejarah dan budaya Bekasi. Hal ini mengingat Bekasi sedang menuju kota modern.

Dengan demikian, kata dia, kedepan Gedung Juang tetap terjaga dan tidak punah termakan zaman serta dapat menjadi tempat wisata alternatif bagi para pengunjung. Baik dari dalam, luar daerah bahkan mancanegara.

“Pelaksanaan FS dan DED-nya saya harapkan selesai pada pelaksanaan APBD Perubahan tahun anggaran 2019 ini sehingga di tahun berikutnya, penataannya sudah bisa berjalan,” kata dia.

Untuk diketahui bangunan bersejarah peninggalan pra masa kemerdekaan yang dikenal sebagai Gedung Tinggi ini berarsitektur neoklasik dan dibangun oleh tuan tanah Kow Tjing Kie pada tahun 1910.

Gedung Juang ini merupakan salah satu gedung bersejarah dan sering didatangi para pelajar. Mereka datang untuk mengenal bangunan bersejarah tersebut yang memiliki nilai-nilai perjuangan pada masa menjelang kemerdekaan Indonesia dan agresi militer Belanda.

(MYA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top