# Go-News

Jembatan Patal Bekasi Goyah, Dishub Batasi Kendaraan yang Melintas

Kondisi Jembatan Patal Bekasi

Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Perhubungan kembali membatasi akses jalan di Jembatan Besi atau biasa disebut Jembatan Patal yang terletak di Jalan Teluk Buyung, Bambu Runcing. Jembatan penghubung Bekasi Utara dan Bekasi Timur ini kini hanya bisa dilintasi kendaraan roda dua.

Dinas Perhubungan telah bersiaga di dua titik yaitu, perempatan Teluk Buyung, Bekasi Utara, dan Perempatan Agus Salim, Bekasi Timur. Para petugas melarang kendaraan roda empat melintasi jalan jembatan tersebut lantaran rawan amburuk.

“Kami tutup sementara karena Kali Bekasi sempat sejajar dengan jembatan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Dadang Ginanjar, Selasa (25/2/2020) saat dikonfirmasi.

Menurut Dadang, penutupan akses jalan sampai waktu yang tidak ditentukan. Maksudnya adalah sampai kondisi benar-benar stabil sehingga tidak membahayakan para pengendara yang melintas.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Binamarga dan Sumber Daya Air. Karena teknisnya adalah di dinas tersebut,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Jembatan Patal Bekasi juga sempat ditutup pasca banjir awal tahun Januari 2020. Jembatan tersebut mengalami kendala lantaran terjadi pergeseran karena arus kuat Kali Bekasi pada.

Pemerintah Kota Bekasi sendiri sempat melakukan perbaikan pada bearing ped yang dianggap sebagai dudukan girder. Kekinian terungkap jembatan besi ini sudah hampir 20 tahun tidak diperbaiki. Sehingga, perlu ada penataan ulang untuk kedudukan jembatan. Rencananya, dalam beberapa bulan kedepan akan dilakukan perbaikan.

Alokasi anggaran yang diperlukan melakukan perbaikan mencapai Rp 1 miliar. Untuk itu, Pemerintah Kota Bekasi tengah meminta bantuan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pantauan di lokasi, banyak pengendara sepeda motor yang menberhentikan laju kendaraannya. Mereka ingin melihat derasnya arus Kali Bekasi yang menggerus tanah di lokasi tersebut. 

(YUN)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top