# Go-News

Terungkap, Hewan Peliharaan Mati Mendadak di Cibarusah karena Keracunan

tim dari Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi saat mengevakuasi kematian sejumlah hewan ternak, Selasa (3/3/3030) malam. Foto: Istimewa
tim dari Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi saat mengevakuasi kematian sejumlah hewan ternak, Selasa (3/3/3030) malam. Foto: Istimewa

Peristiwa kematian sejumlah hewan ternak di Perumahan Bumi Cahaya Residence, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, mengehebohkan warga. Hewan yang mendadak mati yaitu, tiga ekor kambing, dua ayam dan satu kucing.

Kekinian terungkap bahwa kematian sejumlah hewan ternak itu bukan disebabkan penyakit menular ataupun suspect flu burung, melainkan keracunan dari makanan. Hal itu ditegaskan uji cepat Rapid Test terhadap bangkai unggas (ayam) yang dilakukan tim dari Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi.

“Hasil test negative terhadap unggas seperti ayam. Bukan flu burung,” ujar Kasie Pengamatan dan Pemberantasan Penyakit Hewan, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Dwian Wahyudiharto, Rabu (4/3/2020) saat dikonfirmasi.

Sementara itu, hasil test untuk kucing dan kambing yang mati tidak dijumpai tanda – tanda penyakit hewan menular. Berdasarkan hasil pemeriksaan diduga kematian ternak/hewan tersebut karena keracunan.

“Kami masih melakukan pendalaman, dan terus menguji sample dari hewan itu,” katanya.

Dwian menjelaskan, sebelum hewan itu mati mendadak, hewan ternak dan peliharaan itu sempat mengalami kejang-kejang selama 10 menit. Kemudian mati.

“Itu yang membuat warga disana panik,” ungkapnya.

Sejauh ini, untuk memastikan agar wilayah tersebut aman, pemerintah telah melakukan langkah penyemprotan dengan desifektan dilokasi terjadinya kematian hewan.

“Langkah-langkah sudah kami lakukan sejak adanya laporan,” imbuhnya.

Selain melakukan penyemprotan, kata dia, pemerintah juga sudah melakukan penguburan dan membakar hewan tersebut. Bahkan, sosialisasi juga sedang dilakukan pihaknya. Untuk itu, masyarakat Kabupaten Bekasi jangan resah, karena kematian hewan itu disebabkan keracunan makanan.

(SHY)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top