Kabupaten Bekasi – PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) mencatatkan kinerja keuangan yang solid sepanjang paruh pertama tahun 2025, dengan membukukan pra-penjualan (marketing sales) sebesar Rp791 miliar, atau 48% dari target tahunan sebesar Rp1,65 triliun.
Perseroan juga melaporkan pendapatan sebesar Rp2,24 triliun pada semester I 2025, tumbuh 224% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (1H24). Pertumbuhan pendapatan didorong oleh serah terima unit rumah tapak, apartemen, ruko, lahan industri, serta kontribusi dari segmen pengelolaan kawasan.
Segmen penjualan rumah tapak dan apartemen tumbuh 475%, sedangkan penjualan unit komersial melesat 780% dibandingkan tahun sebelumnya. Dari sisi pengelolaan kawasan, pendapatan mencapai Rp200 miliar, turut memperkuat total kontribusi bisnis non-properti.
Perseroan juga mencatatkan laba kotor sebesar Rp477 miliar dengan margin laba kotor 21%, menunjukkan keberhasilan menjaga profitabilitas di tengah ekspansi yang agresif.
EBITDA Naik 72%, Margin Stabil di 13%
Pada semester pertama 2025, LPCK membukukan EBITDA sebesar Rp282 miliar, meningkat 72% dibandingkan periode yang sama tahun 2024. EBITDA margin sebesar 13% terhadap total pendapatan mencerminkan efisiensi operasional yang konsisten dan kualitas pertumbuhan perusahaan.
Detail Marketing Sales: Hunian dan Komersial Dominan
Dari total pra-penjualan Rp791 miliar pada 1H25, produk residensial menyumbang 52%, sedangkan komersial berkontribusi 40%. Segmen lahan industri menyumbang sisanya, yakni 8%.
Secara total, LPCK berhasil menjual 688 unit dari ketiga segmen tersebut. Produk unggulan seperti XYZ Series, Q Series, Cendana Spark, dan The Allegra @ Casa de Lago tercatat memberikan kontribusi signifikan terhadap capaian tersebut.
The Allegra @ Casa de Lago, Produk Premium Terbaru LPCK
Pada Mei 2025, LPCK meluncurkan proyek hunian premium The Allegra @ Casa de Lago yang berlokasi strategis di tengah kawasan Lippo Cikarang Cosmopolis, dan dikelilingi danau serta fasilitas kota mandiri.
Terdapat empat pilihan tipe hunian dengan harga mulai dari Rp2,1 miliar yakni Tipe 7: LT 112 m², LB 138,5 m², Tipe 7 Corner: LT 144 m², LB 139,4 m², Tipe 8: LT 160 m², LB 189,4 m² dan Tipe 8 Corner: LT 192,2 m², LB 194,4 m².
Optimisme Manajemen terhadap Prospek Properti
Presiden Direktur LPCK, Marlo Budiman, menyampaikan optimismenya terhadap pasar properti nasional, khususnya pada segmen hunian terjangkau dan premium yang masih menunjukkan permintaan tinggi dan berkelanjutan.
“Kami berhasil mencapai 48% dari target pra-penjualan semester pertama 2025, didorong oleh minat kuat terhadap produk rumah tapak dan komersial. Peluncuran produk premium seperti The Allegra juga menjadi respons kami terhadap kebutuhan pasar akan hunian berkualitas tinggi,” ujarnya.
Ia menegaskan komitmen perusahaan dalam menjaga kepercayaan konsumen dengan memastikan penyelesaian proyek tepat waktu dan proses serah terima yang sesuai jadwal.
Sekilas Tentang Lippo Cikarang
PT Lippo Cikarang Tbk merupakan pengembang kawasan Lippo Cikarang Cosmopolis, sebuah kota mandiri seluas 3.250 hektare di kawasan industri terbesar Asia Tenggara. Hingga kini, LPCK telah membangun lebih dari 20.400 rumah dan menjadi tempat tinggal bagi 71.923 jiwa.
Setiap harinya, kawasan industri Lippo Cikarang menjadi tempat beraktivitas bagi sekitar 683.921 orang di 1.576 fasilitas manufaktur.
LPCK adalah anak usaha dari PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), sebuah platform real estate dan layanan kesehatan terkemuka di Indonesia dengan kehadiran di 26 provinsi dan 56 kota, serta total aset mencapai Rp13,6 triliun per 31 Desember 2024.
Ikuti Kami di GOOGLE NEWS
Simak berita seputar Bekasi di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Gobekasi.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VarakafA2pLDBBYbP32t. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.