Sesuai dengan Visi dan Misinya menjadi penyedia layanan kesehatan yang unggul dan terpercaya bagi seluruh lapisan masyarakat, demi memajukan kualitas layanan kesehatan di Indonesia, RS EMC Cikarang terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik menggelar Grand Opening Pelayanan Japanese Help Desk (JHD) di Aula RS EMC Cikarang, Kabupaten Bekasi, Selasa (19/7/2022).
Direktur RS EMC Cikarang, Rudy Susanto, menyampaikan layanan tersebut disiapkan untuk ekspatriat asing, khususnya Warga Negara Asing (WNA) Jepang yang kebingungan saat berobat di Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.
“Dibukanya layanan JHD, sejalan dengan visi yang dibangun RS EMC Cikarang, yakni menjadi pusat layanan kesehatan unggulan berstandar internasional. Kami berkomitmen secara terus menerus merealisasikan tiga misi utama RS EMC Cikarang, yaitu memperioritaskan kebutuhan kesehatan dan keselamatan pasien. Membudayakan pembelajaran dan inovasi yang berkelanjutan, dan mendirikan pusat pelayanan kesehatan unggulan terbaik yang berkualitas Internasional kepada pasien, keluarga pasien, mitra usaha, dan masyarakat,” kata dr. Rudy Susanto.
Menurut dr.Rudy, kehadiran EMC Healthcare Group yang diganti menjadi RS EMC Cikarang
karena JHD cuma baru ada di RS EMC Cikarang.
Kehadirnya JHD menjadi jawaban untuk para ekspatriat asing, khususnya WNA Jepang yang menemui hambatan ketika akan berobat. Salah satunya dari segi Bahasa, karena di JHD sudah ada penerjemah, jadi tak ada kesulitan dalam komunikasi.
“Kami melalui JHD dapat melayani pemberkasan administrasi mereka satu hari sebelum pemeriksaan oleh dokter. Jadi saat mereka datang, kita dapat memastikan jika jam pengobatannya sudah sesuai dengan dokter. Dan ke tika datang tidak harus menunggu lagi, dan ini sangat memenuhi hadapan mereka untuk bisa dilayani dengan cepat,” papar dr. Rudy.
Presiden Direktur JHD, Rika Kutsuzawa Darisman menambahkan, JHD nantinya berperan menjadi wadah konsultasi bagi WNA Jepang seputar dunia medis, khususnya di EMC Healthcare.
“Memastikan layanan unggul pada setiap pelayanan di rumah sakit EMC, sehingga tidak ada kekhawatiran karena semua fasilitas disini sudah tersedia,” ucap Rika Kutsuzawa.
Lebih lanjut kata Rika, ingin memastikan pasien yang datang tidak akan menunggu lama jadi step by stepnya akan didampingi, supaya nanti berprosesnya akan cepat, lalu pihak JHD akan menitikberatkan pada pasien tersebut berlokasi dimana, bagaimana caranya agar beliau bisa hadir disini akan arrange dengan jadwal dokter yang ada,
“Pihak JHD nantinya akan mencocokkan dengan data pasien tersebut, jadi kami akan membantu dokter juga, artinya pasien datang kami sudah melakukan anamnesa, jadi kami sudah menanyakan gejalanya apa,keluhannya seperti apa, lalu mungkin ada Riwayat penyakit,” jelasnya.
Hal tersebut sudah ditanyakan, sehingga Ketika pasien datang ke RS. EMC tidak membuang waktu lama untuk konsultasi dengan dokter, karena dokter sudah memegang segala informasi tentang kondisi medis pasien, jadi passien akan lancer berobatnya dari kedatangan hingga kepulangan, sehingga pasien merasa puas terhadap pelayanan kami,
“Saya mengapresiasi dedikasi Rumah Sakit EMC atas perannya dalam melayani pasien warga Jepang di Kawasan Industri ini, dan berharap kerjasama dengan JHD dapat berjalan selamanya dan bermanfaat bagi keduabelah pihak,” tutur Rika saat mengakhiri acara.











