Terlibat Dirikan Liga Baru, MU dan 11 Klub Besar Ini Mendapat Ancaman UEFA

  • Bagikan
Ilustrasi - anggota sepak bola UEFA. /Pixabay/Gerhard G.
Ilustrasi - anggota sepak bola UEFA. /Pixabay/Gerhard G.

Baru-baru ini badan sepak bola Eropa (UEFA) mengadakan pertemuan darurat pada hari Senin, 19 April 2021.

Diduga pertemuan tersebut disebabkan setelah 12 klub Besar di Benua Eropa itu mengejutkan dunia sepak bola dengan mengumumkan pembentukan Liga Super Eropa sendiri.

Pembentukan Liga sendiri dimaksudkan untuk memisahkan diri dari kompetisi yang sudah terbentuk sebelumnya seperti Liga Inggris, Serie A, Bundesliga, Ligue 1 bahkan La Liga Spanyol.

Dikutip gobekasi.id dari Reuters, bank investasi AS JP Morgan (JPM.N) mengkonfirmasi pada hari Senin, 19 April 2021 kepada Reuters.

Dijelaskan bahwa bank tersebut diduga mendanai liga baru yang mencakup klub-klub seperti Real Madrid dan Manchester United dan merupakan saingan kompetisi Liga Champions yang sudah mapan UEFA.

Adanya kabar pembentukan liba baru oleh klub besar tersebut, mendapat kecaman keras oleh otoritas sepak bola, organisasi penggemar, bahkan politisi di seluruh Eropa.

Sementara itu 12 klub tersebut mengirim surat ke UEFA pada hari Senin, 19 April 2021, di mana mereka mengatakan akan mengambil langkah hukum di pengadilan untuk melindungi kepentingan mereka saat mereka mendirikan liga.

Reuters telah melihat isi surat yang menyatakan sebagai tanggapan atas pernyataan UEFA pada hari Minggu bahwa mereka akan “mempertimbangkan semua tindakan yang tersedia bagi kami, di semua tingkatan, baik peradilan dan olahraga untuk mencegah hal ini terjadi”.

UEFA juga mengatakan klub-klub terkait “akan dilarang bermain di kompetisi lain di tingkat domestik, Eropa bahkan dunia dan para pemain yang terlibat bisa ditolak kesempatannya untuk mewakili tim nasional mereka.”

Surat Liga Super mengatakan pernyataan tersebut: “Memaksa kami untuk mengambil langkah-langkah perlindungan untuk mengamankan diri kami sendiri dari reaksi yang merugikan, yang tidak hanya akan membahayakan komitmen pendanaan di bawah Hibah (keuangan JP Morgan) tetapi, secara signifikan, akan melanggar hukum.

“Untuk alasan ini, SLCo (Perusahaan Liga Super) telah mengajukan mosi ke pengadilan yang relevan untuk memastikan pembentukan dan pengoperasian Kompetisi yang mulus sesuai dengan hukum yang berlaku.”

Untuk pertama kalinya klub klub tersebut menghadapi ancaman dan mengambil langkah baru untuk menciptakan liga baru yang mereka bentuk dan mengumumkan rencana konkret untuk mendirikan kompetisi tandingan.

Selain Manchester United, yang dimiliki oleh keluarga American Glazer, klub Liga Premier milik AS Liverpool dan Arsenal, Manchester City yang didukung Abu-Dhabi, Chelsea milik Rusia dan Tottenham Hotspur, telah mendaftar untuk rencana pembentukan liga baru tersebut.

Kemudian Barcelona dan Atletico Madrid dari Spanyol bergabung dengan Real Madrid. AC Milan dan Inter Milan merupakan trio dari Italia bersama dengan Juventus.

Paris St Germain milik Qatar dan juara Eropa Bayern Munich belum menandatangani rencana tersebut.

Liga Super baru tersebut mengatakan mereka bertujuan untuk memiliki 15 anggota pendiri dan liga 20 tim dengan lima klub lain yang lolos setiap musim dan akan mulai bermain “secepat mungkin”.

Anggota pendiri akan mendapat tempat otomatis di Liga Super dan tidak perlu memenuhi syarat-syarat mereka juga tidak dapat terdegradasi.

15 klub juga akan memiliki liga melalui perusahaan swasta dan akan berbagi 3,5 miliar euro ($ 4,21 miliar) untuk dibelanjakan pada infrastruktur dan pemulihan dari dampak pandemi Covid-19.

(MYA)

  • Bagikan