648 Napi Lapas Kelas IIA Bekasi Dapat Remisi Lebaran 2021

  • Bagikan
Remisi Lebaran Napi Lapas Kelas IIA Bekasi 2021
Remisi Lebaran Napi Lapas Kelas IIA Bekasi 2021

Sebanyak 648 narapidana di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bulak Kapal , Bekasi Timur, Kota Bekasi memperoleh pengurangan masa hukuman atau remisi dari Kementerian Hukum dan HAM.

Kepala Lapas Kelas IIA Bekasi, Hensyah mengatakan pemberian remisi tersebut dalam rangka hari besar lebaran Idul Fitri 2021.

Dari total 1.600 warga binaan yang mendapatkan remisi khusus sebanyak 648 napi dan beberapa warga binaannya lainya dinyatakan langsung bebas pada hari ini.

“Ada empat orang warga binaan langsung bebas,” kata dia, Kamis (13/5/2021).

Pemberian remisi itu, kata dia, diberikan kepada warga binaan yang telah menjalani hukuman minimal enam bulan.

Selain itu, mereka yang mendapatkan remisi karena berkelakuan baik selama menjadi warga binaan di Lapas Bulak Kapal. Untuk itu, mereka mendapatkan pengurungan masa hukuman.

Hensyah menjelaskan sebelum mendapatkan remisi tersebut, pihaknya mengusulkan siapa saja warga binaan yang layak mendapatkannya.

Salah satu kriteria nari yang diusulkan untuk mendapatkan remisi di antaranya yang tidak melanggar tata tertib dan berkelakuan sangat baik.

Adapun besarnya remisi masing-masing warga binaan memang berbeda, ada yang 15 hari dan maksimal 2 bukan untuk remisi khusus.

Sedangkan untuk remisi umum paling lama 5 bulan dan paling sedikit 1 bulan.

”Khusus untuk remisi Idul Fitri, 4 orang dinyatakan bebas,” jelasnya.

Kepala Pengaman Lapas (KPLP) Lapas Kelas IIA Bekasi, Tomy Ardi Nugroho menambahkan pemberian remisi juga dilihat dalam masa sebelum pengajuan, ada penilaian khusus yang menentukan warga binaan mendapatkan remisi atau tidak serta jumlah waktu remisi yang akan diperoleh.

“Semua itu kita nilai dari berbagai hal, dan yang mendapatkan remisi adalah warga binaan yang memang sangat layak dan berkelakuan sangat baik,” katanya.

Namun, jika ada yang melanggar peraturan, pihaknya berhak untuk mencabut kembali remisi didapat warga binaan.

(APQ)

 

  • Bagikan