Kabupaten Bekasi Mitigasi Lonjakan Kasus Covid Selama Nataru

  • Bagikan
Ruang ICU Pasien Covid-19 Gejala Berat Tersisa Tiga Tempat Tidur di Kota Bekasi
Ilustrasi ruang ICU

Pemerintah Kabupaten Bekasi menyiapkan mitigasi lonjakan kasus Covid-19 yang berpotensi terjadi pasca momen Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Mulai dari penyediaan fasilitas tempat isolasi terpusat, swab antigen di puskesmas, hingga obat-obatan.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Masrikoh mengatakan, berbagai persiapan sudah mulai dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus setelah Nataru.

”Misalkan kasusnya melonjak kita menyiapkan fasilitas tempat isolasi terpusat yang berada di tiga hotel, yakni Hotel Ibis Budget, Ibis Style,dan Citra Inn,” katanya, Kamis (23/12/2021).

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan menyiapkan puskesmas yang bisa melakukan swab antigen dan vaksinasi. Termasuk obat-obatan untuk penanggulangan Covid-19.

Tentunya, pihaknya juga akan meningkatkan tracking, vaksinasi.

Terpenting, Masrikoh memintah seluruh masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).

”Kita sudah berhitung, insya allah cukup sampai awal tahun. Nanti kita lihat dari pergerakan kasusnya. Untuk sekarang kasus aktif ada 19,” tuturnya.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah menjelaskan, saat Nataru akan ada beberapa titik posko untuk melakukan testing. Namun demikian, dia belum bisa memastikan penyebaran titik posko tersebut.

”Jadi dengan pihak Polres kita lagi menyiapkan beberapa titik, sama dengan tahun-tahun sebelumnya, seperti di Pantura, Tol (rest area), kita akan testing secara acak. Mungkin, beberapa hari ini akan ketahuan titiknya dimana saja,” pungkasnya

  • Bagikan