Vaksinasi Covid di Kabupaten Bekasi Digenjot Siang dan Malam

  • Bagikan

Demi memenuhi target, Pemkab Bekasi menggenjot program vaksinasi untuk warga pada siang hingga malam hari selama Ramadhan 1443/H.

Hal ini lantaran vaksin Booster jadi syarat untuk masyarakat melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Targetnya, 30 persen masyarakat dari total target sasaran vaksinasi menerima vaksin booster atau dosis ketiga di wilayah tersebut sebelum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Untuk mencapai target tersebut kami melakukan vaksinasi full day,” kata Wakil Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi Masrikoh dikonfirmasi, Sabtu (9/4/2022).

Masrikoh menjelaskan jumlah masyarakat yang telah menerima vaksinasi dosis ketiga barh mencapai 453.204 jiwa atau setara dengan 18,74 persen dari total sasaran vaksinasi daerah itu yakni 2.417.794 orang.

Baca Juga: Baru Kenal 4 Hari, Wanita Ini Diperkosa dan Dirampok di Hotel Bekasi

Untuk mendorong perceparan vaksinasi dosis ketiga, strategi vaksinasi yang awalnya dilakukan dari pagi hingga sore, ditambah sampai malam hari selama Ramadan.

“Kalau untuk seluruh fasilitas kesehatan seperti puskesmas pelaksanaan vaksinasi dilakukan setiap hari sesuai jam kerja, begitu pula di pusat perbelanjaan maupun gerai vaksinasi swasta,” katanya.

Sedangkan sesi malam hari dilaksanakan di gerai-gerai vaksinasi masing-masing desa, kecamatan, kantor kepolisian, serta perusahaan-perusahaan yang menggunakan vaksin program.

“Sejauh ini vaksinasi sehari penuh sangat efektif dalam mendongkrak capaian vaksinasi terutama dosis penguat dan semoga bisa mencapai target,” katanya.

Masrikoh mengaku tingginya animo warga Kabupaten Bekasi mendapatkan vaksinasi dosis penguat juga turut berdampak pada kenaikan capaian vaksinasi Covid-19 di wilayahnya.

“Tren peningkatan capaian vaksinasi dosis ketiga ini terpantau setelah pemerintah menetapkan kebijakan dosis booster sebagai syarat pelaku perjalanan mudik Lebaran,” katanya.

Pihaknya juga mendata sebanyak 2.171.294 orang atau setara 89,80 persen telah menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama sedangkan 1.867.953 jiwa atau 77,26 persen sudah berstatus tervaksinasi dosis kedua.

  • Bagikan