43 Titik Jalan Rusak di Kota Bekasi Segera Diperbaiki

  • Bagikan
Diterjang Banjir, Puluhan Jalan di Bekasi Rusak Berat
Salah satu titik jalan rusak di Jalan Joyomartono, Bekasi Timur. Kondisi ini dikhawatirkan akan menimbulkan kecelakaan lalu lintas, mengingat jalan ini merupakan wilayah padat karena menuju gerbang tol Bekasi Timur.

Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi mencatat ada 43 titik jalan rusak yang tersebar di Kota Bekasi.

Pelaksana Tugas (Plt) Koordinator Pemeliharaan Jalan pada DBMSDA Kota Bekasi Ridwan Muarief menyebut 43 titik jalan yang rusak akan segera diperbaiki dan akan dimasukkan dalam rancangan biaya anggaran (RAB).

“Jadi perbaikan jalannya itu macam-macam, dan kami untuk membedakan perbaikan jalan itu dilihat dari nilainya atau proses lelang,” kata Ridwan saat dihubungi, Senin (29/8/2022).

Menurut dia, kondisi 43 titik jalan rusak memiliki kondisi kerusakan yang bervariasi dan tidak semua rusak berat.

Oleh sebab itu, apabila ada kerusakan jalan yang ringan, maka pihaknya akan langsung melakukan penambalan untuk proses perbaikan.

“Kalau ada keluhan-keluhan, melalui media sosial, itu biasanya langsung dari tim penambalan yang langsung diterjunkan untuk melakukan proses perbaikan,” kata Ridwan.

Ridwan mengatakan banyaknya kondisi jalan yang rusak di Kota Bekasi mayoritas disebabkan oleh kendaraan berat yang melintas.

“Jalan banyak yang rusak itu karena kendaraan yamg melintas melebihi batas beban jalanan itu sendiri. Jadi, itu faktor yang masih berpengaruh juga,” ucap dia.

Selain itu, sistem drainase yang buruk juga kerap membuat jalan tergenang air dan justru merusak struktur dari jalanan.

“Kalau dalam satu atau dua bulan jalan diperbaiki lalu sudah rusak lagi, terkadang sistem drainase yang belum memadai juga merusak struktur,” jelas Ridwan.

  • Bagikan