Pengembangan Budaya Indonesia Melalui Workshop SERAYA : Sebar Gaya Sebar Budaya

  • Bagikan
Penampilan tari dari workshop Seraya. Foto: Istimewa
Penampilan tari dari workshop Seraya. Foto: Istimewa

Acara ini berkolaborasi dengan Sanggar Ratna Sari dan Bathari Putri Surya Dewi, yang merupakan salah satu anggota dari grup tari Ksatria, pemenang Indonesia Mencari Bakat 2022, serta anggota kelas PAC 24-1 TP.

Workshop “SERAYA” diadakan di Anjungan DKI Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah, yang dimana merupakan tempat latihan reguler Sanggar Ratna Sari.

Acara ini juga merupakan salah satu syarat untuk memenuhi kelulusan mata kuliah Community Development in Performing Arts Communication yang diampu oleh mahasiswa PAC angkatan 24.

Workshop SERAYA dengan tagline Sebar Gaya, Sebar Budaya berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa kebudayaan juga bisa berkembang serta beradaptasi mengikuti perkembangan zaman.

Bathari, pembicara workshop SERAYA, memberikan pengajaran dengan membawakan salah satu koreografi karya Ksatria, yaitu “Si Pengabdi” sebagai salah satu bentuk dari akulturasi budaya Indonesia yang gerakan nya telah beradaptasi dengan perkembangan zaman (tari kreasi) sebagai contoh nyata dari tema Sebar Gaya, Sebar Budaya.

Penampilan tari dari workshop Seraya. Foto: Istimewa
Penampilan tari dari workshop Seraya. Foto: Istimewa

Sehingga peserta yang merupakan anggota dari Sanggar Tari Ratna Sari juga dapat mengeksplorasi konsep tari kreasi sesuai dengan harapan dari adanya workshop tari SERAYA.

TENTANG METAMORPHOSE PRODUCTION

Metamorphose Production merupakan sebuah Performing Arts Community yang dibangun oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi, LSPR Institute of Communication & Business jurusan Performing Arts Communication angkatan 24 kelas PAC24-1TP yang berdiri pada bulan September 2022.

Metamorphose Production menghimpun seluruh karya-karya mahasiswa PAC24-1TP dengan tujuan mengkomunikasikan sebuah isu sosial dengan berbagai format seni pertunjukkan, seperti teater musikal, arts exhibition, film pendek, radio drama, dance performance, dan showcase.

Metamorphose Production telah berhasil membuat acara pertamanya yaitu METAMORPHOSE Exhibition: To Grow In Love pada tanggal 28 & 29 Januari 2023 di Grand Galaxy Park, Bekasi. Dengan tujuan membuat sebuah media komunikasi untuk meningkatkan kesadaran akan tahapan kedukaan seseorang.

  • Bagikan