DPRD Pasaman Barat Tertarik Urban Farming di Kota Bekasi

  • Bagikan

Komisi 2 DPRD Kabupaten Pasaman Barat Propinsi Sumatera Barat mengunjungi kantor Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Bekasi dalam rangka kunjungan kerja terkait pemanfaatan pekarangan pangan (P2L).

Turut hadir pada acara tersebut, Kepala DKPPP Kota Bekasi, Herbert S.W Panjaitan berserta para Kepala Bidang dan jajarannya di ruang rapat Kantor DKPPP lantai 8 kantor Wali Kota Bekasi.

Pemimpin rombongan sekaligus Ketua Komisi 2 DPRD Pasaman Barat Syapridal pada sambutannya menjelaskan maksud dan tujuan.

“Kedatangan kami selain untuk bersilaturahmi dengan Kota Bekasi, yaitu untuk membahas masalah lahan yang luas namun tidak termanfaatkan untuk masyarakat Pasaman Barat,” katanya.

Pihaknya menilai Kota Bekasi dengan lahan yang terbatas namun masih bisa menjalankan fungsinya yaitu menyediakan lahan pertanian bagi masyarakatnya.

“Semoga dengan adanya masukan dari Kota Bekasi terkait urban farming seperti pembuatan Tabula pot, tanah fasos fasum dijadikan lahan hidroponik dan juga perikanan di perkotaan mungkin dapat menjadi solusi bagi peningkatan taraf hidup masyarakat dan juga menjaga ketahanan pangan,” ujar dia.

Selanjutnya, bergantian memberikan sambutan Kepala DKPPP, Herbert kepada rombongan.

“Saat ini jumlah produksi ketahanan pangan di Kota Bekasi tidak mencapai 5 persen dari jumlah yang dikonsumsi masyarakat. Namun Kota Bekasi dibantu cadangan stok pangan  melalui 2 pasar induk,” kata dia.

Berkaitan dengan kondisi lahan yang terbatas para petani di Kota Bekasi menggunakan teknik modern seperti hidroponik, dan sebagainya dalam rangka memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Salah satu alasan lahan terbatas di Kota Bekasi adalah banyak lahan yang berubah menjadi perumahan di Kota Bekasi, untuk itu DKPPP Kota Bekasi terus berupaya memberikan pelatihan dan penanaman kepada masyarakat yang dapat dilakukan di pekarangan rumah,” ujar dia.

Acara dilanjutkan dengan dialog interaktif, foto bersama dan tukar menukar cinderamata antara Pemerintah Kota Bekasi dengan DPRD Kab. Pasaman Barat.

(Advertorial)

  • Bagikan