Pasukan Elit PLN, Pasukan PDKB Jaga Listrik Tetap Andal Tanpa Padam

  • Bagikan

PT PLN (Persero) UP3 Cikarang memiliki pasukan khusus yang dikomando dalam penugasan-penugasan berisiko tinggi yang dikenal sebagai pasukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

Pasukan PDKB ini merupakan orang-orang pilihan dengan keterampilan dan kompetensi yang khusus seperti prajurit khusus dengan keterampilan tempur istimewa.

Pasukan PDKB memiliki kompetensi dalam melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian isolator, konduktor maupun komponen lainnya pada jaringan listrik.

Mereka juga diberikan pelatihan khusus untuk bekerja tanpa harus memadamkan aliran listrik.

Berkat kerja keras PDKB, selama ini pekerjaan pemeliharaan dapat dilakukan tanpa pemadaman dan masyarakat tetap dapat menikmati listrik meski sedang ada pemeliharaan.

“Sebagai pasukan elit PLN, Pasukan PDKB merupakan salah satu garda terdepan PLN untuk dapat menjaga pasokan listrik yang berkualitas dan andal,” ucap Manager PLN UP3 Cikarang Zamzami, Sabtu (30/9/2023).

Dalam bekerja, pasukan PDKB pun harus mengutamakan zero accident atau nihil kecelakaan, patuh pada SOP, keutamaan teamwork dan berpegang teguh pada profesionalisme kerja.

“Kami harus mengutamakan zero accident dalam bekerja, kami juga rutin melakukan pengecekan alat, melakukan pengecekan kesehatan petugas, dan bekerja sesuai SOP pada saat pelaksanaan kegiatan PDKB,” ungkap Firman Tri Darmawan Team Leader PDKB UP3 Cikarang.

Sampai dengan September 2023, Pasukan PDKB UP3 Cikarang telah berhasil melakukan 304 kegiatan pemeliharaan tanpa padam dan menyelamatkan 1.145 mWh atau setara dengan Rp 1,3 M dalam pemeliharaan jaringan listrik tanpa pemadaman.

Pada kesempatan berbeda, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Susiana Mutia menyampaikan seluruh unit pelaksana PLN di Jawa Barat telah dilengkapi dengan tim PDKB.

Dengan hadirnya tim PDKB, pemeliharaan listrik dilakukan tanpa padam sehingga layanan PLN kepada masyarakat tidak terganggu dan menjaga kepuasan pelanggan

  • Bagikan