BPBD Bekasi Minta Warga Siaga Cuaca Ekstrem

  • Bagikan
Ilustrasi cuaca ekstrem
Ilustrasi cuaca ekstrem

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bekasi meminta masyarakat yang berada di wilayahnya untuk siaga menghadapi cuaca ekstrem maupun bencana banjir dan angin puting beliung.

Pasalnya, Sebagian besar wilayah Bekasi akan diguyur hujan dan indikasi adanya angin kencang sepanjang hari ini.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln menghimbau agar masyarakat tetap waspada akan kondisi cuaca yang memasuki musim penghujan.

”Diminta tetap waspada dan berhati-hati cuaca lagi hujan terus puncak musim penghujan,” katanya, Kamis (4/2/2021).

Himbauan pemerintah tersebut merujuk kepada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Kabupaten Bekasi, akan diguyur hujan pada hari ini.

Hujan yang turun dengan insitas ringan hingga sedang mulai pagi, siang, sore dan malam hari tidak bisa diperkirakan.

Di beberapa wilayah bagian utara Kabupaten Bekasi hujan turun pada malam hari sementara pagi, siang dan sore hari cuaca berawan. Suhu udara 21 – 32 derajat celsius dengan kelembapan udara antara 70 sampai 95 persen.

Angin berhembus dari arah barat dan barat laut dengan kecepatan antara 10 – 30 km perjam.

Saat ini, kata dia, pihaknya telah mensiagakan puluhan personil di sejumlah wilayah rawan bencana, khususnya banjir. Peralatan seperti perahu karet, logistik serta pompa air juga telah disiapkan.

”Warga diminta untuk selalu memantau perkembangan informasi dari BPBD dan kecamatan setempat, khususnya mereka yang tinggal di kawasan langganan banjir,” terangnya.

Untuk wilayah Kecamatan Cikarang Pusat : hujan ringan berpeluang terjadi pada pagi, siang, sore dan malam hari. Suhu antara 22 – 30 derajat celsius.

Kecepatan angin 10 – 30 km per jam dari arah barat. Kecamatan Sukawangi : Pagi hari hingga menjelang siang diprakirakan terjadi hujan ringan. Sementara pada siang dan sore hari hujan turun hujan dengan intensitas sedang.

Hujan ringan kembali turun pada malam hari. Suhu antara 22-32 derajat celsius, arah angin dari barat kecepatan 10-30 km per jam. Kecamatan Muaragembong : Cuaca berawan terjadi pagi, siang dan sore hari.

Hujan diprediksi terjadi pada malam hari dengan intensitas sedang. Suhu antara 24-31 derajat celsius. Kecepatan angin 10-20 km per jam dari arah barat dan barat laut.

Kecamatan Tambun Selatan : Hujan dengan intensitas ringan sampai sedang berpeluang terjadi pada pagi, siang, sore dan malam hari. Suhu 21-31 derajat celsius, angin dari arah barat dengan kecepatan 20-30 km per jam.

Kecamatan Kedungwaringin : Hujan ringan diprakirakan terjadi pada pagi, siang, sore dan malam hari. Kecepatan angin 10-30 km per jam dari arah barat dengan suhu antara 23-30 derajat celsius.

Kecamatan Cikarang Utara : Pagi sampai menjelang siang terjadi hujan ringan. Kemudian pada siang, sore dan malam hari berpeluang terjadi hujan ringan.

Suhu antara 23-30 derajat celsius dengan kecepatan angin 10-30 km per jam dari arah barat. Pada malam hari kembali berpeluang turun hujan dengan intensitas ringan.

(APQ)

  • Bagikan