Ini Lokasi Mesin Cetak Dokumen Kependudukan di Cikarang

  • Bagikan
Mesin baru pencetakan dokumen kependudukan di Kabupaten Bekasi. Foto: Gobekasi.id
Mesin baru pencetakan dokumen kependudukan di Kabupaten Bekasi. Foto: Gobekasi.id

Guna mempermudah pengurusan pelayanan kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi segera mengoperasikan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Mesin ADM mirip ATM ini diperuntukkan bagi masyarakat yang hendak melakukan pencetakan KTP Elektronik, Kartu Keluarga maupun dokumen lainnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi, Hudaya mengatakan, ADM itu juga telah tiba di Mal Pelayanan Publik Lotter Mart Cikarang Utara.

Saat ini pihaknya tengah mempersiapkan pengaktifan ADM itu agar segera dapat dioperasikan. ADM ini merupakan hibah dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

”Sedang kita upaya pengaktifkannya mudah-mudahan segera dioperasionalkan pada bulan ini,” katanya, Kamis (4/2/2021).

Menurut dia, pengoperasian ADM itu diharapkan dapat mempermudah layanan administrasi kependudukan bagi masyarakat.

Warga Kabupaten Bekasi, yang akan mengurus administrasi kependudukan kini tidak harus ke kantor dinas maupun ke kecamatan.

Namun, kata dia, masyarakat cukup melalui online dan produk kependudukannya dapat di cetak melalui ADM tersebut.

”Warga yang membutuhkan layanan pembuatan KTP elektronik, Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA), akte kelahiran, surat pindah serta administrasi kependudukan lainnya, pencetakannya dapat dilakukan di mesin ADM,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat yang ingin mencetak dokumen administrasi kependudukan akan tetapi tidak memiliki printer di rumah.

Maka dokumen tersebut bisa dicetak mandiri di mesin ADM. Pelayanan ini untuk menjawab pelayanan secara online dan menghindari terjadinya kerumunan agar terhindar dari penularan corona.

Harus diperhatian, masyarakat sebelum melakukan pencetakan mengajukan dahulu dokumen administrasi kependudukan yang dibutuhkan melalui layanan online Disdukcapil Kabupaten Bekasi Kabupaten Bekasi pada : http://sitepak.bekasikab.go.id.Setelah selesai mengajukan permohonan serta memenuhi persyaratan.

Nantinya akan mendapatkan notifikasi dan barcode melalui email yang selanjutnya bisa di print dokumen yang dimohon pada mesin ADM di MPP Lotte Mart Cikarang Utara.

”Tim teknis tengah mempersiapkannya. Diharapkan juga pelayanan kependudukan jadi lebih mudah, meminimalkan pelayanan tatap muka apalagi ditengah corona ini,” tutupnya.

(APQ)

  • Bagikan