Pemkot Tegaskan Pelaksanaan Vaksinasi Massal dengan Prokes Ketat

  • Bagikan
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi meninjau pelaksanaan vaksinasi massal 8.000 jiwa di Stadion Patriot Candrabhaga, Rabu (23/6/2021). Foto: Gobekasi.id
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi meninjau pelaksanaan vaksinasi massal 8.000 jiwa di Stadion Patriot Candrabhaga, Rabu (23/6/2021). Foto: Gobekasi.id

Pemerintah Kota Bekasi menegaskan bahwa pelaksaan vaksinasi massal Covid-19 di Stadion Patriot Candrabhaga dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan secara ketat.

Hal ini sekaligus meluruskan atas video yang beradar bahwa pelaksanaan vaksinasi massal di Stadion Patriot Candrabhaga pada, Rabu (23/6/2021) kemarin menyebabkan kerumunan.

Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Bekasi, Sajekti Rubiah menjelaskan jika tangkapan video yang beredar merupakan peserta vaksinasi massal yang telah dinyatakan sehat dan siap untuk dilakukan vaksinasi oleh vaksinator.

Sajekti menekankan, pelaksaan terhadap 8.000 jiwa tentu dengan mengedepankan prokes. Bahkan dikerahkan pula petugas gabungan dari TNI/Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja guna mengatur calon peserta dan mengatisipasi kerumunan di area vaksinasi massal.

“Itu (video yang beredar adalah) para peserta yang sudah di lakukan screening, telah dinyatakan sehat dan siap dilakukan vaksinasi. Dan itu sedang berjalan menuju meja vaksin, memang terlihat seperti berkerumun namun itu sudah diterapkan prokes, pembatasan sebelumnya. Dan petugas juga sudah mengatur tidak semua digabungkan masuk. Dan itu semua mengalir berjalan tidak diam berkerumun hanya saja mungkin dari sudut pengambilan video yang kurang pas,” kata dia, Kamis (24/6/2021).

Menurutnya, jika di bandingkan dengan kapasitas Stadion Patriot Candrabhaga, justru jumlah peserta tidak melebihi batas kapasitas.

“Kapasitas stadion 35.000 ribu dan peserta hanya 8.000. Maka itu sudah sesuai dengan penerapan prokes ketat. Para petugas juga telah mengatur agar tidak terjadinya penumpukan dan antrian baik didalam area vaksin dan pintu masuk peserta vaksin,” tegas dia.

Sayekti juga menjelaskan, sebelum dan sesudah kegiatan vaksinasi massal area Stadion Patriot Candrabhaga juga telah disterilkan dengan penyemprotan disinfektan yang dilakukan oleh petugas.

(ADV/ZMM)

  • Bagikan