Ini Hasil Penelusuran Temuan Limbah Medis di TPA Burangkeng

  • Bagikan
Sampah Medis
Sampah Medis

Pemerintah Kabupaten Bekasi telah melakukan penelusuran terkait viralnya sampah medis yang ditemukan di TPA Burangkeng. Hasilnya sampah medis tersebut dibuang di lahan milik seorang warga yang berdekatan dengan TPA milik Kabupaten Bekasi tersebut.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pembuangan Sampah Akhir, Jartoyo mengatakan, telah menyelidiki informasi adanya limbah medis yang dibuang di TPA Burangkeng. Setelah dilakukan pencarian, diketahui sampah itu berada di atas lahan milik warga.

”Di lahan warga di dekat TPA, tapi masih tanah mereka, milik pribadi sendiri. Jadi sebelahnya TPA, di dekat patok lahan milik warga. Memang di situ ada patok TPA dan tanah warga,” kata Jartoyo, Sabtu (23/10/2021).

Saat diperiksa, warga sekitar memang mengelola sampah hasil medis. Mereka mencari bekas bungkus obat yang bernilai tinggi jika dijual. Namun, Jartoyo menegaskan, pihaknya telah menindak aktivitas warga tersebut karena tidak berizin.

”Kami sudah menegur dan sudah dirapikan. Sebenarnya menurut mereka bukan medis tapi kertas obat yang laku dijual, jadi sama mereka dirapikan dan dijual. Tapi kami sudah tegur, sudah disampaikan langsung,” ujarnya.

Jartoyo memastikan, tidak ada sampah medis yang dibuang ke TPA Burangkeng. Secara langsung maupun aturan, pengelolaan limbah medis harus berizin dan tidak sembarangan. Terlebih saat ini masih dalam keadaan pandemi.

“Tidak boleh dan tidak ada, makanya kemarin sebelum ada berita viral lalu petugas keamanan sudah melihat. Kemarin juga kami sudah menegur. Kami sampaikan jangan begitu caranya karena membahayakan. Apalagi kondisi sekarang masih pandemi,” jelasnya.

Sebelumnya, sampah medis ditemukan berserakan di TPA Burangkeng di Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi. Foto tumpukan sampah medis tersebut mendadak viral di jagad media sosial lantaran diposting seorang fotografer Bekasi dalam akun instagram @garrylotulung.

Dalam unggahan tersebut, terlihat timbunan sampah bekas medis. Terdapat masker bedah, sarung tangan, alat pelindung diri dan kantong ditemukan berserakan divantara sampah rumah tangga di tempat pembuangan sampah.

Dalam unggahan tersebut juga terlihat tumpukan bekas tabung sampel darah di sana dan dikhawatirkan tumpukan sampah bekas medis tersebut mengakibatkan pemulung dan penduduk sekitar dapat terinfeksi virus corona. Postingan itu langsung dipublikasikan oleh beberapa akun instagram.

(FIR)

  • Bagikan