Siaga Banjir, BPBD Mulai Bangun Tenda Darurat dan Dapur Umum

  • Bagikan
Suasana di pengungsian Desa Sumber Sari, akibat banjir dan jebolnya tanggul kali citarum di Desa Sumber Urip, Kecamatan Pebayuran. Foto: Gobekasi.id
Suasana di pengungsian Desa Sumber Sari, akibat banjir dan jebolnya tanggul kali citarum di Desa Sumber Urip, Kecamatan Pebayuran. Foto: Gobekasi.id

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi telah menyiapkan tenda dan dapur umum darurat untuk mengantisipasi bencana banjir. Sebab, dalam beberapa hari terakhir, hujan deras terus melanda Kota Bekasi.

“Persiapan seperti dapur umum dan tenda perlengkapan sudah ada dan siap bila terjadi bencana,” ujar Kasie Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Kota Bekasi, Idham Kholid, saat dihubungi, Selasa (18/1/2022).

Idham mengatakan, BPBD Kota Bekasi memiliki 17 tenda serta dapur umum yang siap digunakan. Dia menegaskan, persiapan sarana dan prasarana sudah dilakukan di beberapa wilayah yang kerap terdampak banjir.

“Rinciannya 12 tenda darurat dan lima dapur umum, dan juga kita lihat dulu, di mana kejadian bencana yang memang sangat memerlukan,” ucapnya.

Idham menjelaskan, hingga Senin ini, berdasarkan Automatic Water Level Recorder (AWLR), tinggi muka air di Kali Bekasi masih berada pada tahap normal.

“Melalui AWLR yang kita tempatkan di empat titik dan setiap hari ada laporan ketinggian TMA, untuk Kali Bekasi batas normal 350 TMA,” ujar Idham.

Selain itu, BPBD juga menyiapkan personel di tiap titik lokasi yang rawan banjir.

“Iya, sudah. Untuk personel, khusus personel BPBD saja,” kata Idham.

  • Bagikan