Lestarikan Budaya, Kecamatan Mustikajaya Akan Gelar Festival Adu Bedug dan Dondang

  • Bagikan

Dalam rangka memperkenalkan dan melestarikan budaya khas Betawi yang ada di Kota Bekasi, Kecamatan Mustikajaya akan menyelenggarakan Festival Adu Bedug dan Dondang yang akan digelar pada tanggal 21 – 22 Mei 2022 di stadion H. Natrom Nursyamsu, Mustika Jaya.

Tradisi Adu Bedug adalah tradisi mengarak bedug keliling kampung yang diadakan setelah hari raya Idul Fitri.

Bagi warga Kota Bekasi hal ini merupakan hiburan setelah merayakan Idul Fitri

Sedangkan, Adu Dondang merupakan serahan dari pengantin perempuan kepada pengantin laki-laki yang berisikan makanan, khususnya makanan khas Betawi dalam sebuah wadah besar. Jadi akan dipilih Dondang mana yang paling menarik yang akan menjadi pemenang.

Camat Mustikajaya, Gutus Hernawan mengungkapkan festival tersebut tidak hanya mempersembahkan Adu Bedug dan Adu Dondang, melainkan akan menghadirkan banyak penampilan seni dan budaya lainnya.

Baca Juga: Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan Sangat Menular, Pemkot Bekasi Minta Masyarakat Waspada

“Akan ada penampilan pencak silat, Penampilan wayang golek, Penampilan tari Topeng khas betawi dan juga ada bazaar kuliner penggiat-penggiat UMKM di Kota Bekasi serta akan ada beberapa booth yang menyajikan produk-produk unggulan UMKM,” ungkap Gutus.

Festival Adu Bedug dan Dondang bukan pertama kali digelar melainkan tahun ini adalah event ke-15 kalinya digelar.

“Festival ini bukan kali pertama, bahkan ini merupakan gelaran yang sudah ke- 15 kalinya diselenggarakan dan mampu menarik antusias pengunjung yang banyak,” tambah Gutus.

“Terakhir, seraya mengajak, yuk, Abang, Mpok, semua warga Kota Bekasi kunjungi dan meriahkan Festival Adu Bedug dan Dondang yang akan berlangsung selama 2 hari, mulai hari Sabtu (21/5/2022) dan Minggu (22/5/2022), Gratis untuk hiburan meriah Abang, Mpok semuanya,” pungkas Gutus.

  • Bagikan