Di Hari Pelanggan Nasional, Ini Kegiatan PLN UP3 Cikarang

  • Bagikan

Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional (HPN) yang jatuh pada Minggu (4/9/2022) lalu, PT PLN (Persero) UP3 Cikarang menggelar serangkaian kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 5-9 September 2022.

Manager PLN UP3 Cikarang, Ansats Pram Andreas Simamora mengatakan, setidaknya ada empat kegiatan yang menjadi fokus kegiatan HPN 2022 di PLN UP3 Cikarang.

Agenda pertama yakni kegiatan Tok Tok Wow, dimana program ini adalah bentuk apresiasi PLN UP3 Cikarang kepada pelanggan yang senantiasa membayar tagihan listrik tepat waktu.

“Agenda Tok Tok Wow ini kami berikan kepada pelanggan untuk tarif sultan (R2, R3 dan P3). Jadi, setiap Unit Layanan Pelanggan (ULP) masing-masing akan mengajukan dua pelanggan yang bayarnya tepat waktu terhitung mulai bulan januari sampai bulan agustus 2022,” ujar Ansats di Cikarang, Rabu (7/9/2022).

Kemudian, agenda kedua yakni kunjungan ke para pelanggan secara langsung. Baik pelanggan kategori UMKM, Industri Kreatif, Pariwisata sampai dengan pelanggan besar.

“Kita melakukan kunjungan Pelanggan besar diantaranya ke PT Puradelta Lestari TBK : 555 kVA, Kawasan EJIP : 690 kVA, PT YKK Zipco Indonesia : 3.465 kVA, dan ke PT Cipta Aneka Agung : 1.385 kVA,” paparnya.

Menurutnya, agenda kunjungan pelanggan tersebut merupakan bentuk perhatian dan kepedulian, serta memberikan apresiasi secara langsung oleh PLN UP3 Cikarang.

“Untuk kunjungan pelanggan, nanti setiap ULP akan mengajukan 5 pelanggan. Kami ingin sharing serta mendengarkan apa saja keluh kesah mereka terhadap layanan kami,” bebernya.

“Dalam agenda kunjungan pelanggan ini pun kami tentunya akan berikan apresiasi. Dan sebagai masukan kami akan meminta testimoni dari mereka,” tambah Ansats.

Selanjutnya, agenda yang ketiga adalah program sapa pelanggan. “Dalam giat sapa pelanggan ini nantinya kami akan hias loket-loket pelanggan di 4 ULP termasuk UP3 Cikarang,” imbuhnya.

Dan terakhir, kegiatan yang menjadi fokus PLN UP3 Cikarang dalam rangka mendekatkan diri dengan masyarakat pelanggan di momen HPN yaitu dengan membuka booth di setiap kecamatan yang menjadi wilayah PLN UP3 Cikarang.

“Sesuai arahan UID Jawa Barat dalam rangka hari layanan pelanggan kami akan memasang booth di kecamatan.  Dalam booth tersebut kami akan informasikan promo program Jabar smile,” jelas Ansats.

“Di masing-masing kecamatan ini kami akan juga melakukan sosialisasi Jabar smile dan simulasi kompor induksi kepada masyarakat pelanggan yang datang ke booth kami,” pungkasnya.

Selanjutnya, Ansats mengungkapkan, hingga Agustus 2022, PLN UP3 Cikarang berhasil mencapai 46 persen untuk unduhan PLN Mobile.

Di PLN UP3 Cikarang sendiri, target pengunduh aplikasi PLN Mobile yakni 845.091. Dari 46 persen tersebut, terdapat 425.997 yang telah mengunduh dan menggunakan aplikasi PLN Mobile.

“Sedangkan untuk penjualan TL sudah mencapai 4,85 GWh. Untuk pertumbuhan penjualannya pun sekitar 6,92 persen (yoy). Dan, untuk pendapatan PLN UP3 Cikarang sekarang sudah Rp5,52 Triliun. Pendapatan perbulan pun sekitar Rp748,21 Miliar. Dan terakhir, jumlah pelanggan saat ini sudah mencapai 1.035.503,” tutup Ansats.

  • Bagikan