Launching Team dan Jersey AFK Bekasi, Herkos Optimis Raih Medali Emas di Porprov 2022

  • Bagikan
Launching Team dan Jersey Asosiasi Futsal Kota Bekasi di XXI Lounge Mega Bekasi, Jumat (16/9/2022). Foto: Gobekasi.id
Launching Team dan Jersey Asosiasi Futsal Kota Bekasi di XXI Lounge Mega Bekasi, Jumat (16/9/2022). Foto: Gobekasi.id

Asosiasi Futsal Kota (AFK) Bekasi telah bersiap menatap Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat yang akan berlangsung pada 12-19 November 2022 mendatang.

Persipan itu dimulai dengan melaunching team dan jersey resmi untuk atlet putra/putri yang akan bertanding pada kejuaraan event bergengsi empat tahunan itu.

Launching team dan jersey AFK Bekasi sendiri berlangsung di XXI Lounge Mega Bekasi pada, Jumat (16/9/2022) yang dihadiri langsung Ketua AFK Bekasi, Heri Koswara, Ketua Umum KONI Kota Bekasi, Abdul Rosyad Irwan dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Zarkasih.

Ketua AFK Bekasi, Hero Koswara dalam sambutannya mengaku senang dan bangga dengan team Futsal Kota Bekasi yang saat ini telah resmi di launching.

“Saya sangat senang dan berbahagia sekalai. Ini merupakan salah satu persiapan (untuk) membangun kota melalui Cabor (Cabang Olahraga/ Futsal) yang kita cintai ini,” kata Heri.

Heri optimis dapat meraih target medali emas pada Porprov Jabar nanti. Segala persiapannya pun telah matang. Menurut Heri, saat ini manegen, pelatih dan para atlet hanya tinggal berkomitmen untuk menjaga komunikasi dan kekompakan.

Persiapa atlet yang telah matang ini dilihatnya saat para atlet bermain dalam laga persahaban dengan berbagai daerah di Jawa Barat. Teranyar ialah terselenggara bersama Kabupaten Garut dimana team putra dan putri membubuhkan hasil yang memuaskan.

“Lawan Garut, kami menang untuk (kategori) putra 2 – 0 dan (kategori) puti 8 – 0. Insyaallah (target) emas Porprov Jabar 2022 kita dapat, sumbang 2 emas untuk memenuhi target KONI Kota Bekasi menjadi 3 besar,” katanya.

Heri sadar, untuk meraih medali emas bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika melihat sarana dan prasarana (Sarpras) yang saat ini belum memadai bagi Cabor Futsal Kota Bekasi.

Sejauh ini saja, ia mengungkapkan jika para atlet berlatih di atas gedung pasar. Hal ini lantaran Kota Bekasi belum memiliki sarana atau stadion futsal.

“Bayangkan, anak – anak kami (atlet) berlatih di atas gedung pasar (Kranji), disana ada bau yang tidak sedap, panas dan macam-macam lainnya. Tapi, meski begitu bukan alasan bagi kami untuk tidak berprestasi,” ujar Herkos, begitu hangat disapa.

Kabar baiknya, sambung pria yang juga menjabat sebagai Legislator Fraksi PKS Jawa Barat ini, pada tahun 2023 mendatang, lapangan yang menjadi Sarpras AFK Bekasi akan segera di bangun.

“Doakan saja, semoga di tahun depan kita sudah memiliki lapangan, Insyaallah ini akan menunjang para atlet untuk berprestasi,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum KONI Kota Bekasi, Abdul Rosyad Irwan berkemuka jika untuk meraih medali emas pada helatan Porprov Jabar 2022 memang bukan hal yangt mudah bagi para team AFK Bekasi.

“Hanya saja bukan hal yang tidak mungkin juga. Jangan khawatir kita juga bisa menjadi juara umum pada Porprov, kalau kita berbicara olahraga di Kota Bekasi itung – itungannya luar biasa. Pada Porda (Pekan Olahraga Daerah) kemarin kita adalah rangking ke lima. Kalau target 3 besar ini tercapai, ini sangat luar biasa,” katanya.

Pria yang beken dikenal dengan sebutan Bang Yan ini juga memberikan kritikan yang sama bagi Pemerintah Kota Bekasi. Menurutnya, Sarpras adalah kebutuhan pokok bagi para Cabor yang ada dalam naungan KONI Kota Bekasi.

Jersey AFK Bekasi dilaunching di XXI Lounge Mega Bekasi, Jumat (16/9/2022).
Jersey AFK Bekasi dilaunching di XXI Lounge Mega Bekasi, Jumat (16/9/2022).

“Ini soal kemauan, tidak sulit untuk membangun Sarpras bagi para cabor. Dua periode saya menjabat sebagai Ketua KONI, Sarpras yang dibangun pemerintah, tidak ada. Ini adalah tantangan kita kedepan (membangun Sarpras bagi para cabor). Padahal kita lebih baik, lebih mampu (dari segi anggaran) daripada daerah lain di Jabar, anggaran besar tapi tidak ada niat kuat membangun Sarpras Olahraga,” singgungnya.

Bang Yan juga membandingkan negara Korea Selatan, tepatnya di Kota Seongnam saat ia melakukan studi banding. Di sana, sekelas kota/kabupaten berani mengucurkan ‘anggaran jumbo’ untuk warganya menikmati sarana dan prasarana olahraga.

“Saya studi banding ke Seongnam, kita disana membuat MoU (Memori Of Understanding) dengan KONI di sana. Namun, pertama saya kesana, saya minder, kita tidak ada apa -apanya, tetapi setelah berkomunikasi mereka sangat menghargai kita. Di sana, anggaran untuk sekelas KONI tingakat kota/kabupaten itu sudah triliunan, kita masih puluhan miliar. Namun hasilnya, warga Seongnam itu sangat menikmati kehidupan indah dengan berolahraga,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Zarkasih mengakui jika saat ini pemerintah daerah masih sangat kurang untuk membangun Sarpras bagi cabor yang ada di Kota Bekasi.

“Tapi seyogyannya kami juga mempunyai desain besar terkait dnegan sarana dan prasarana. Kita tidak putus asa, tahun depan melalui aspirasi bapak Heri Koswara kita akan bangun gedung futsal yang kita idam -idamkan,” katanya.

Zarkasih menekankan jika nsejatinya Pemerintah Kota Bekasi sangat mendukung dan mensupport Ketua AFK Bekasi dan jajarannya untuk memajukan Futsal.

Di lokasi yang sama, perwakilan dari Ganior — Sponsor AFK Bekasi, Teguh, menjelaskan bagimana keinginan perusahaanya mendukung AFK Bekasi.

Pertama adalah soal perusahaan yang telah mencari kerjasama. Atas dasar itu, Ganior menjadi sponsorship AFK Bekasi pada perhelatan Porprov Jabar 2022.

“Selain itu, Ganior dan AFK Bekasi juga mempunyai visi – misi yang sama. Kami juga berharap para atlet diberikan kesehatan sampai dengan event, staf, pelatih dan management AFK Bekasi seeta ketua KONI Kota Bekasi dapat menembus target yang diharapkan,” imbuhnya.

  • Bagikan