Kemenlu Sebut Tak Ada Korban WNI Dalam Tragedi Halloween di Itaewon

  • Bagikan
Pesta Halloween di Itaewon (Dok. AFP)
Pesta Halloween di Itaewon (Dok. AFP)

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Judha Nugraha menyebut tidak ada WNI yang menjadi korban jiwa dalam pesta Halloween di Itaewon, Korea Selatan, hingga saat ini. Kemlu RI menerima laporan tersebut dari KBRI Seoul.

“KBRI Seoul telah berkoordinasi dengan otoritas setempat dan berkomunikasi dengan simpul masyarakat, hingga saat ini tidak terdapat informasi adanya korban WNI dalam insiden perayaan Halloween di Itaewon, Korsel,” kata Judha dilansir detikcom, Minggu (30/10/2022).

Judha mengatakan KBRI Seoul terus melakukan koordinasi dengan otoritas setempat. Termasuk dengan rumah sakit terkait kemungkinan WNI menjadi bagian dari korban insiden tersebut.

“KBRI Seoul terus berkoordinasi dengan otoritas setempat termasuk rumah sakit terkait kemungkinan adanya WNI yang menjadi korban,” ujarnya.

151 Orang Tewas

Kabar terbaru, korban tewas pesta Halloween di Itaewon bertambah menjadi 151 orang. Selain korban tewas, 82 orang dinyatakan mengalami cedera. Saat ini mereka berada di berbagai rumah sakit di kawasan Seoul, Korea Selatan.

Dari 151 orang yang meninggal dunia, 19 orang diketahui merupakan orang asing. Dikutip dari Yonhap, yang telah diidentifikasi berasal dari Iran, Uzbekistan, China, dan Norwegia.

Choi Seong Beom, kepala pemadam kebakaran Yongsan, juga mengungkap korban tewas merupakan 97 orang berjenis kelamin perempuan dan 54 orang laki-laki. Hingga kini, proses identifikasi masih terus dilakukan.

Setelah insiden tersebut, pemerintah Seoul mengaku telah menerima setidaknya 355 laporan orang hilang. Mereka meneruskan laporan tersebut ke pihak kepolisian untuk ditindaklanjuti.

  • Bagikan