RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

Porprov Jawa Barat XIV Tahun 2022 Resmi Ditutup

  • Bagikan
Pemberian penghargaan bagi 9 daerah kabupaten/kota yang menjadi tuan rumah di Porprov Jabar XIV Tahun 2022 pada acara penutupan Porpov di Alun - alun Ciamis, Sabtu (19/11/2022). Foto: Gobekasi.id
Pemberian penghargaan bagi 9 daerah kabupaten/kota yang menjadi tuan rumah di Porprov Jabar XIV Tahun 2022 pada acara penutupan Porpov di Alun - alun Ciamis, Sabtu (19/11/2022). Foto: Gobekasi.id

Perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat XIV Tahun 2022 resmi ditutup di Alun – alun Ciamis, Jalan Ir Juanda, Kabupaten Ciamis, Sabtu (19/11/2022).

Penutupan ajang olahraga yang diikuti oleh kota dan kabupaten di Jawa Barat ini ditutup langsung oleh Ketua KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Pada event empat tahunan ini, Kabupaten Bekasi sukses menjadi juara umum diikuti oleh Kabupaten Bogor, Kota Bandung, Kota Bekasi dan Kota Bogor.

Rangkaian penutupan Porprov Jabar XIV Tahun 2022 diawali dengan pemberian penghargaan kepada tuan rumah yakni, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Subang dan Kabupaten Bandung Barat diiringi dengan kota/kabupaten penyangga yakni, Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bekasi, dan Kota Banjar.

Ketua Umum KONI Jabar Ahmad Saefudin menyampaikan terimakasihnya kepada sekuruh kota/kabupaten yang menjadi tuan rumah dan pembantu perhelatan suksesi Porprov Jabar XIV ini.

“Saya sangat berterimakasih kepada seluruh kota/kabupaten yang sukses menggelar Porprov Jabar ke XIV ini. Semoga ini menjadi jalan bagi atlet untuk menambah prestasi dan pengalamannya,” kata Saefudin.

Ia berkemuka jika sebagian besar atlet yang mengikuti Porprov Jabar tahun ini merupakan atlet junior. Tak tanggung-tanggung, data KONI menyebutkan bahwa sebanyak 12.000 dari total 13.050 atlet yang berkompetisi pada Porprov Jabar 2022 merupakan atlet junior dan atlet baru.

“Ini menandakan bahwa sudah terwujud kaderisasi atlit akan menggantikan posisi atlet senior yang nantinya akan tampil di PON Sumatera Utara,” katanya.

Dalam menyukseskan ajang Porprov ke-XIV Jabar Tahun 2022 ini, tidak kurang dari 21.000 SDM dilibatkan, yang terdiri dari 13.050 atlet dan lebih dari 8.000 official, technical delegates, dan juga panitia pelaksana daerah.

Porprov tahun ini mempertandingkan 78 sub cabang olahraga (cabor) dari 1.044 nomor pertandingan, yang memperebutkan 1.044 medali. Adapun pertandingan pertama telah digelar pada 25 Oktober 2022 lalu, dengan cabor bola voli indoor di Kabupaten Subang.

Sementara itu, tuan rumah utama, Bupati Kabupaten Ciamis, Herdiat Sunarya menyampaikan terimakasihnya kepada seluruh daerah di Jawa Barat.

“Kami juga berterimakasih kepada Pemprov Jabar yang telah menunjuk Kabupaten Ciamis sebagai tuan rumah,” katanya.

Menurut Herdiat, ada banyak manfaat bagi Kabupaten Ciamis setalah menjadi tuan rumah. Mulai dari sirklus kenaikan ekonomi juga sangat berdampak para pelaku UKM.

“Yang saya dapatkan ada kenaikan signifikan ekonomi. Pelaku UKM kita seperti hotel atau penginapan itu sangat berdampak. Juga demikian infrastruktu sarana dan prasana olahraga kita yang banyak diperbaiki sehingga menjadi hal baik bagi para atlet dimasa yang akan datang,” ucap Herdiat.

“Hal istimewa adalah hampir 50 persen perputaran uang ada di Ciamis. Jadi Porprov ini tidak sia – sia sehingga kenaikan ekonomi masyarakat Ciamis luar biasa. Kami juga meminta permohonan maaf apabila sebagai tuan rumah masih banyak ada kekurangan,” tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyambut gembira seluruh kontigen di Jawa Barat. Ia melihat jika Porprov Jabar XIV Tahun 2022 berjalan dengan baik.

Ia juga menyanjung Ketua Umum KONI Jabar Ahmad Saefudin yang sukses mempertahankan juara umum bagi Jawa Barat secara berturut – turut di Pekan Olahraga Nasional (PON).

“Saya bangga kepada Ketua Umum KONI Jabar yang mampu bertahan di PON sebagai juara umum di tahun 2016 dan 2021. Mudah – mudahan Jawa Barat bisa menjadi juara umum kembali di PON selanjutnya,” imbuh dia.

Pria hangat disapa Kang Emil ini juga mengumumkan tuan rumah Porprov Jabar 2026, yakni Kota Bogor.

RajaBackLink.com
  • Bagikan
RajaBackLink.com RajaBackLink.com RajaBackLink.com RajaBackLink.com