Dukung pengembangan UMKM Bekasi, Central Park Meikarta gelar Festival Bazar UMKM 2022

  • Bagikan

Menyambut pergantian tahun dan sekaligus mendukung UMKM lokal, pengelola ‘Central Park’ Meikarta mengadakan Festival Bazar 2022 yang digelar mulai 18 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

Gelaran ini sejalan dengan kebijakan Pemkab Bekasi, Jawa Barat, yang terus mengajak berbagai pihak, termasuk dunia usaha untuk turut menggenjot peran UMKM.

Tri Agus Subianto, Pengelola Central Park mengungkapkan, lebih dari 100 UMKM berpartisipasi dalam event ini, di mana 70 persen di antaranya merupakan stand Makanan dan Street Food, sisanya 30 persen terdiri atas multi produk.

“Panitia menargetkan sekitar 25.000 pengunjung, termasuk para penghuni apartemen Meikarta, yang diperkirakan akan hadir meramaikan festival ini,” tambah Tri.

Ruang Terbuka Hijau terbesar peraih Muri

Sebagaimana diketahui, Central Park Meikarta merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang sangat luas dengan total 105 Ha dengan sejumlah fasilitas seperti danau buatan seluas 50 Ha, wahana bermain anak dan berbagai jenis tanaman serta satwa.

Sebagai terbesar, dengan ada danau buatan terluas di Indonesia, kawasan ini telah dianugerahi Rekor Muri pada 2020 lalu, di mana area tersebut berfungsi sebagai resapan air, water reservoir, juga sekaligus tempat rekreasi keluarga, dengan 23 wahana di dalamnya.

“Ya, Central Park saat ini sudah menjadi destinasi wisata bagi para penghuni apartemen Meikarta dan warga sekitar, dengan di dalamnya ada 23 wahana permainan anak dan keluarga seperti ‘Carousel, Children Playground’, ATV, Lapangan Basket, Lapangan Futsal, Bebek Air, Perahu Mesin, Srodotan Donat, Scooter Trail, dll,” tutur Tri.

Selain itu, menurutnya, di Central Park ini telah tersedia area komersial. “Yaitu, area dengan ‘tenant’ UMKM Lokal untuk memenuhi segala kebutuhan penghuni apartemen maupun pengunjung,” katanya.

Ajang Event berskala Nasional

Tri lebih lanjut memaparkan, di dalam Central Park Meikarta ada sekitar 96 ribu tumbuhan, yang pengelolaannya melibatkan petani lokal. Sejumlah tanaman tumbuh subur di sini, seperti Pohon Randu, Beringin, dan beragam macam jenis bunga.

Saat ini, demikian Tri, Central Park Meikarta juga sering dijadikan ajang iven besar berskala nasional, seperti Kejuaraan Balap Rally Nasional, Konser Musik, Color Run, Night Run, Fun Bike serta Festival Akhir Tahun seperti saat ini sedang dilaksanakan.

Kali ini digelar bekerjasama dengan panitia lokal untuk mendukung dan mengembangkan UMKM, sekaligus memberikan tujuan wisata akhir tahun bagi para penghuni apartemen meikarta, masyarakat sekitar maupun dari luar Bekasi.

“Dan yang pasti, Central Park Meikarta akan selalu mendukung acara – acara UMKM seperti ini dan juga memberikan pelayanan kepada para pengunjung yang ingin liburan akhir tahun, dengan mengajak keluarga ke Central Park Meikarta,” ujar Tri Agus Subianto.

  • Bagikan