Penutupan TikTok Shop dan Dampaknya Bagi UMKM dan Ekonomi Indonesia

  • Bagikan

TikTok salah satu platform media sosial untuk berbagi video pendek, seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, TikTok berkembang dengan diluncurkannya TikTok Shop. Tiktok Shop merupakan social commerce yang menjadi tempat dimana pengguna atau pengguna TikTok dapat membeli produk melalui aplikasi TikTok.

Selain itu, dapat memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman dan menyenangkan bagi penjual dan pembeli, hingga proses pembayarannya dapat dilakukan di aplikasi tiktok shop tersebut.

Berdasarkan laporan survei lembaga penelitian pasar dan perilaku konsumen yang dilakukan Populix dengan bertajuk ‘’The Social Commerce Landscape in Indonesia’’, terdapat sebanyak 46% responden yang lebih sering menggunakan TikTok Shop untuk berbelanja online dibandingkan dengan Social Commerce lainnya seperti Whatsapp, Instagram, Shopping, atau Facebook Pemasaran.

TikTok dengan TikTok shop –nya bisa dikatakan sedang berada di puncak tertinggi social commerce di era digital saat ini. Aplikasi sangat inovatif karena aplikasi ini memiliki dampak besar bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Dari TikTok ini banyak konten creator dengan berbagai latar belakang yang berbeda – beda,mulai dari isu sosial, kehidupan sehari – hari, hingga isu yang sangat viral atau tren. TikTok Shop juga membawa keuntungan sendiri khususnya untuk pelaku UMKM. UMKM bisa melakukan kerja sama untuk melakukan pemasaran dan promosi produknya agar memiliki jangkauan yang makin luas.

Hal itu juga menguntungkan para konsumen karena TikTok Shop membuat para konsumen memiliki lebih banyak pilihan jenis barang, harga, kualitas serta promo yang membuat harga lebih murah dari biasanya.  

Terkait dengan hal itu, pemerintah Indonesia belum lama ini akhirnya resmi menutup tik tok shop pada Rabu (4/10/2023). Dengan ditutupnya TikTok Shop ini banyak sekali dampak negatif dari pelaku UMKM tersebut. Diantaranya, menghambat Pertumbuhan UMKM karena banyaknya bisnis kecil dan menengah yang sangat bergantung pada aplikasi ini.

Bagi pedagang akan mengalami kesulitan menemukan platform e –commerce yang lebih baik dengan berpindah ke platform penjualan lain, mereka pasti akan mengalami kerugian besar di pasar  Pelaku UMKM yang berjualan lewat TikTok Shop sebelumnya sangat diuntungkan karena bisa menjangkau pasar yang lebih luas karena melalui fitur yang ada tik tok shop yaitu fitur FYP (For Your Page).

Dan TikTok Shop ini perlu pengawasan dan pengaturan dari pemerintah dengan resminya TikTok Shop ditutup oleh pemerintah, tentu kedepannya pemerintah tidak lepas tangan terhadap masalah ini. Pemerintah perlu menjamin dan memastikan bahwa bisnis di platform tersebut kedepannya bisa beroperasi dengan baik sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku.

Alasan lain mengapa TikTok Shop banyak menarik pembeli karena di aplikasi TikTok Shop ini memiliki fitur produk kreatif dan unik, pada TikTok Shop tentunya terdapat produk yang unik dan sangat unik yang ditawarkan kepada penggunanya.

Hal ini yang menjadi keunggulan utama TikTok Shop itu sendiri, Kemudahan berbelanja TikTok Shop memberikan kemudahan terhadap penggunanya dalam berbelanja. Dapat melihat secara langsung video penjelasan dari barang yang ditawarkan, melihat langsung ulasan atau review dari para pembeli nya,melakukan pemesanan dan pembayaran.

Kualitas konten yang menarik, salah satu keunikan TikTok Shop adalah konten yang dibuat creator dengan yang sangat menarik. Banyak creator yang membuat video pendek dalam produk yang ditawarkannya, dan yang paling utama keunggulan TikTok Shop ini harga bersaing TikTok  Shop sering menawarkan barang – barang dengan harga yang menarik konsumen dan harga yang ditawarkan sangat lebih murah dibandingkan E- Commerce yang lainnya.

Alasan mendukung pelarangan TikTok Shop, yaitu persaingan yang tidak sehat antara pedagang yang lain terutama dalam harga yang ditawarkannya atau yang dikenal dengan strategi Predatory Pricing menawarkan barang – barang dengan harga yang sangat murah.

Dampak terhadap kualitas produk ketika kita memulai suatu bisnis pasti berusaha untuk memotong harga jual yang sangat drastis, tentu saja para pedagang mengorbankan antara kualitas produk atau layanan.

Kecemasan terhadap keamanan data adalah bentuk kekhawatiran bahwa aplikasi tiktok shop itu mengumpulkan data pribadi dan tidak bisa dijamin keamanannya, jaminan keamanan data ini dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen serta bisa menghambat pertumbuhan bisnis di aplikasi itu sendiri.

Apalagi TikTok Shop di Indonesia ini mengharuskan mengikuti kebijakan Amerika, seperti pembangunan server di Amerika, pekerja pengelolaan harus juga warga amerika, dan pengawasannya pun harus orang Amerika itu sendiri.

Alasan menolak pelarangan TikTok Shop ini ditutup karena dapat mendorong pertumbuhan UMKM yang ada di Indonesia, Tiktok Shop telah banyak membantu UMKM dalam meningkatkan visibilitas dan penjualan mereka. Tak hanya pelanggan atau pembeli saja yang mendapatkan keuntungan dari TikTok Shop ini tapi banyak juga pelaku UMKM yang mendapatkan keuntungan lebih dari TikTok Shop ini.

Jika TikTok Shop dilarang, tentu dapat menimbulkan masalah baru. Banyak pelaku UMKM yang kehilangan atas pasar dan penjualannya, daya beli semakin menurun,  dan pertumbuhan perekonomian di Indonesia akan terhambat, Inovasi Digital, TikTok shop ini merupakan salah satu aplikasi inovasi digital.

Dengan melarang aplikasi tiktok shop ini dapat menghambat perkembangan e-commerce dan perdagangan online di Indonesia. Gaya pemasaran TikTok Shop ini sangat kreatif dan juga inovatif.

Pengguna bisa melihat demostrasi barang yang dijual secara langsung lewat layar HP sekaligus bertanya kepada pembelinya tentang detail barang tersebut, sehingga dapat menambah keyakinan pembeli tersebut dalam membeli barangnnya.

Sistem pembayarannya pun bisa dilakukan kapan saja di kapan pun dan manapun dan boisa bayar secara langsung atau yang sering disebut dengan (COD) atau dengan cara transfer dan kita tidak perlu repot pergi ke toko langsung, dan Harga Bersaing dan Kompetitif

Harga yang murah di TikTok Shop ini tentu saja dapat menguntungkan para pembeli.

Dengan beragamnya harga yang ditawarkan konsumen bisa memilih macam harga yang lebih murah dan menguntungkan. Meski sekarang TikTok Shop ditutup, sebenarnya sangat menyayangkan keputusan ini.  Sebab pemerintah sebenarnya bisa melakukan pengaturan dan pengawasan yang lebih ketat dalam aplikasi TikTok Shop ini tanpa harus menutupnya.

Pengaturan ini dapat membantu bisnis di platform aplikasi ini secara etis dengan memenuhi peraturan undang – undang yang berlaku. Pengawasan yang baik dan regulasi yang seimbang dapat menjadi kunci untuk memastikan perkembangan ekonomi di era digital dan dapat menambah perekonomian di Indonesia terutama UMKM di Indonesia.

Secara keseluruhan ini dalam konteks ekonomi digital Indonesia, TikTok Shop ini sejatinya telah menjadi peranan penting dalam industri e-commerce yang berkembang pesat dan dapat menumbuhkan perekonomian di Indonesia. Harapannya semoga kedepannya pemerintah dapat membuat kebijakan yang dapat menguntungkan Pihak Platform dan seluruh UMKM di indonesia.  

 

Penulis : Zulfa Ariyani (Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program  Studi Tadris IPS.

 

  • Bagikan