PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT), pengelola mayoritas jalan tol sepanjang Trans Jawa, memastikan kesiapan dan peningkatan layanan operasional di ruas-ruas tol yang dikelolanya selama libur panjang Hari Raya Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.
Peningkatan layanan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jalan tol yang diperkirakan akan meningkat secara signifikan.
Dalam keterangannya, Direktur Operasional PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT), Pratomo Bimawan Putra (Bima) menyampaikan bahwa perusahaan telah melakukan berbagai langkah untuk memastikan kelancaran perjalanan pengguna jalan tol di sepanjang Trans Jawa.
“Kami telah mempersiapkan beberapa aspek untuk memberikan pelayanan optimal, termasuk layanan lalu lintas, transaksi, preservasi jalan, dan fasilitas di rest area,” ujar Bima.
Untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas, PT JTT telah menyiagakan derek cadangan yang tersebar dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Semarang.
Selain itu, perusahaan juga menambah personel untuk layanan transaksi, serta menambah titik layanan top-up kartu uang elektronik.
“Kami juga menyediakan kartu uang elektronik tambahan dan menyiagakan mobile reader untuk mempercepat transaksi di gerbang tol,” jelas Bima.
Selain itu, PT JTT juga akan mengoperasikan Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama 8 di KM 71B arah Jakarta dan menambah dua peralatan tol reversible di GT Cikampek Utama 1 dan 2, untuk membantu mengatur alur kendaraan saat kepadatan lalu lintas.
Dalam rangka menjaga kualitas infrastruktur jalan tol, PT JTT juga meningkatkan layanan preservasi dengan melakukan pengaturan jadwal pemeliharaan periodik di beberapa titik jalan tol yang mengalami kerusakan perkerasan.
Langkah ini meliputi scrapping, filling, dan overlay pada titik-titik yang rusak. Selain itu, tim patching akan disiagakan untuk menangani kondisi perkerasan yang berlubang (pothole).
Perusahaan juga menyiagakan tim lingkungan yang akan memonitor kebersihan jalan dan saluran drainase, serta melakukan inspeksi terhadap titik-titik yang mengalami sedimentasi dan pendangkalan.
“Kami juga melakukan langkah preventif seperti normalisasi dan pembersihan drainase, serta membangun tanggul penahan genangan dan banjir untuk mengantisipasi cuaca ekstrem,” tambah Bima.
PT JTT mengelola 40 rest area sepanjang jalur Trans Jawa dan telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pemudik.
Beberapa langkah yang dilakukan termasuk penyediaan posko kesehatan, SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) di 35 rest area, serta memastikan ketersediaan air dan perambuan yang jelas di setiap lokasi.
Perusahaan juga memberlakukan kebijakan buka/tutup rest area secara situasional untuk menghindari kepadatan yang berlebihan.
Dalam meningkatkan kualitas layanan, PT JTT terus mengoptimalkan penggunaan teknologi, seperti pemanfaatan Intelligent Transport System (ITS) yang akan mendukung rekayasa lalu lintas, terutama dalam kondisi kepadatan.
Jasa Marga juga mengoperasikan Lane Control Signal (LCS) untuk membantu pengaturan lalu lintas, sesuai dengan diskresi dari pihak Kepolisian.
Vice President Corporate Secretary and Legal PT JTT, Ria Marlinda Paallo, mengungkapkan komitmen perusahaan untuk terus berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti pihak kepolisian, pemerintah daerah, dan instansi terkait lainnya.
“Kami akan terus berkomunikasi dengan berbagai pihak untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan para pengguna jalan tol, khususnya pada puncak mudik dan arus balik Natal 2024 dan Tahun Baru 2025,” ujar Ria.
Ria juga menambahkan, PT JTT akan memastikan penyampaian informasi terkini melalui berbagai saluran untuk membantu pengguna jalan merencanakan perjalanan mereka dengan lebih baik.
PT JTT mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk mempersiapkan perjalanan dengan baik. Beberapa hal yang perlu dipastikan seperti kendaraan dalam kondisi prima dan siap digunakan, saldo kartu uang elektronik mencukupi untuk transaksi.
Selain itu juga soal bahan bakar dan perbekalan cukup untuk perjalanan jauh, pengendara yang merasa lelah disarankan untuk beristirahat di tempat yang telah disediakan di rest area.
Dengan berbagai peningkatan layanan ini, PT Jasamarga Transjawa Tol berharap dapat memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan lancar bagi seluruh pengguna jalan tol yang akan melintas di Trans Jawa selama periode libur Natal dan Tahun Baru.
Ikuti Kami di GOOGLE NEWS
Simak berita seputar Bekasi di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Gobekasi.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VarakafA2pLDBBYbP32t. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.