Hari Raya Idul Fitri selalu menjadi momen istimewa bagi masyarakat Indonesia, terkhusus bagi umat Muslim. Selain sebagai perayaan atas selesainya ibadah puasa, Idul Fitri juga merupakan waktu untuk beristirahat dan berbagi kebahagiaan bersama keluarga dan kerabat. Meskipun periode ini identik dengan libur panjang dan penghentian sementara berbagai aktivitas, tetapi kebutuhan akan transaksi finansial tetap berjalan, mulai dari tradisi mudik, pemberian Tunjangan Hari Raya (THR), hingga meningkatnya konsumsi menjelang Hari Raya.
Kebutuhan transaksi finansial masyarakat ini menjadikan layanan perbankan masih sangat dibutuhkan walaupun dalam periode Hari Raya Idul Fitri. Hal ini juga sejalan dengan data temuan PT JalinPembayaran Nusantara (Jalin) yang menunjukkan bahwa perputaran uang selama periode Lebaran 2025 diproyeksikan mencapai Rp180 triliun. Sektor transportasi dan akomodasi menyumbang lebih dari 30 persen dari total belanja.
Sebagai mitra setia, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) siap mendukung Nasabah dalam setiap tahapan persiapan Idul Fitri sejalan dengan komitmen Danamon untuk selalu hadir dalam setiap langkah kehidupan Nasabah dan sebagai bank yang berorientasi pada Nasabah. Danamon sebagai penyedia solusi keuangan tetap siaga menyediakan layanan dan fasilitas perbankan, guna membantu Nasabah meraih keberkahan Ramadan dan mempersiapkan perayaan Idul Fitri 1446 Hijriah dengan kenyamanan dan kemudahan bertransaksi.
“Idul Fitri merupakan momen sakral yang penuh berkah, dimana masyarakat Indonesia mempersiapkan berbagai kebutuhan spesial. Danamon sebagai penyedia solusi keuangan dan institusi yang memahami kebutuhan finansial Nasabah, mengerti bahwa kebutuhan finansial Nasabah tidak mengenal libur. Oleh sebab itu, untuk menjaga berbagai kebutuhan Nasabah selama Idul Fitri,kami mempersiapkan layanan yang mempertimbangkan setiap detail kebutuhan Nasabah selama periode Idul Fitri,” ujar Eka Dinata, Branch Network Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk.
Momen Istimewa dengan Layanan Perbankan yang Terjaga
Danamon memahami tingginya kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya terhadap layanan finansial. Beragam aktivitas seperti pemberian Tunjangan Hari Raya (THR), persiapan mudik, dan tradisi bersilaturahmi membutuhkan dukungan layanan perbankan yang fleksibel dan komprehensif. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Danamon telah menyusun jadwal operasional yang terperinci untuk memastikan kemudahan dan kenyamanan Nasabah sebagai berikut:
Tanggal | Keterangan Jadwal Operasional & Layanan Pendukung |
28 – 29 Maret 2025 | Seluruh kantor cabang Danamon tidak beroperasi |
30 Maret 2025 | Cabang weekend banking beroperasi |
31 Maret – 1 April 2025 | Seluruh kantor cabang Danamon tidak beroperasi |
2 April 2025 | Operasional terbatas (jam layanan operasional: 08.00-17.00 dan jam layanankas: 08.00 – 15.00 waktu setempat) |
3 – 4 April 2025 | Seluruh kantor cabang Danamon tidak beroperasi |
5-6 April 2025 | Cabang weekend banking beroperasi |
7 April 2025 | Seluruh kantor cabang Danamon tidak beroperasi |
8 April 2025 | Seluruh kantor cabang Danamon kembali beroperasi |
Sebanyak 46 cabang tersebar di berbagai kota Indonesia akan beroperasi secara terbatas pada tanggal 2 April 2025. Selama periode operasional terbatas, Danamon akan melayani berbagai kebutuhan perbankan, termasuk pembukaan/penutupan rekening CASA, pembukaan/pencairan rekening Deposito, setor dan tarik tunai, pemindahbukuan, penerimaan warkat, layanan Safe Deposit Box, dan setoran pajak. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui bdi.co.id/infolayanan untuk daftar kantor cabang Danamon yang beroperasi.
Bagi Nasabah individu, aplikasi D-Bank PRO menyediakan berbagai fitur lengkap untuk memenuhi kebutuhan transaksi sehari-hari, termasuk transfer dana, top-up e-wallet, pembayaran menggunakan QRIS, pembayaran tagihan token PLN, isi pulsa ulang, tagihan air/PDAM dan berbagai layanan finansial lainnya. Nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja selama periode ldul Fitri.
Bagi Nasabah korporasi, Danamon menyediakan layanan Cash Management melalui platform Danamon Cash Connect. Layananini memungkinkan Nasabah korporasi untuk tetap mengelolakeuangan perusahaan mereka secara efisien, melakukan transfer dana, pembayaran gaji karyawan, dan berbagai transaksi bisnis lainnya tanpa terkendala waktu dan tempat.
“Kami berharap dengan ketersediaan layanan ini, baik bagi Nasabah individual maupun korporasi dapat tetap melakukan aktivitas finansial mereka dengan lancar selama periode IdulFitri,” tambah Eka.
Sejalan dengan komitmen Danamon untuk Tumbuh Bersama, Danamon juga memberikan reward dan manfaat bagi Nasabahmelalui serangkaian program seperti Danamon Hadiah Beruntun(DHB), yang memberikan kesempatan Nasabah untuk menangberkali-kali beragam hadiah termasuk mobil listrik bagi Nasabahyang terus menabung dan bertransaksi menggunakan layananperbankan Danamon.
Tidak hanya itu, sebagai bagian dari program #RamadanLebihBerkah, Danamon juga menawarkan berbagai promo menarik untuk memenuhi kebutuhan Nasabah. Nasabah dapat memanfaatkan Kartu Debit, Kartu Kredit, dan Kartu Charge Danamon serta aplikasi D-Bank PRO untuk memenuhi kebutuhan pribadi atau berbagi keberkahan, mulai dari acara buka bersama hingga pemberian hampers dan zakat.
Dengan dukungan solusi keuangan komprehensif dari Danamon, diharapkan masyarakat dapat menjalani bulan suci Ramadan yang lebih berkah dan persiapan yang matang menjelang Idul Fitri 1446 H dengan lebih khusyuk dan bermakna. Hal ini sejalandengan komitmen Danamon sebagai bank dengan jaringan lokal dan global untuk terus bertransformasi menjadi Satu Grup Finansial yang menyediakan solusi finansial menyeluruh guna memenuhi kebutuhan finansial Nasabah.
Ikuti Kami di GOOGLE NEWS
Simak berita seputar Bekasi di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Gobekasi.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VarakafA2pLDBBYbP32t. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.