Pemkot Target Proyek Flyover Rawapanjang-Cipendawa Rampung Akhir Tahun 2019

  • Bagikan

Pemerintah Kota Bekasi menargetkan proyek pembangunan lanjutan flyover Rawapanjang dan Cipendawa rampung akhir tahun 2019.

Karena itu, Pemkot Bekasi segera melelang proyek pembangunan lanjutan flyover Rawapanjang dan Cipendawa sehingga bisa dipakai pada awal tahun 2020.

“Sekarang proses persiapan lelang, bulan depan sudah mulai pengerjaan kontruksi,” kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Senin (1/4/2019).

Rahmat menjelaskan, dua proyek jalan layang tersebut merupakan buah kerja sama antara Pemkot Bekasi dengan DKI Jakarta.

Dana yang dipakai untuk membangun proyek pemecah kemacetan tersebut bersumber dari DKI Jakarta melalui dana hibah.

Menurut ketua DPD Partai Golkar Kota Bekasi itu, DKI Jakarta akan memberikan dana hibah untuk pembangunan dua proyek tersebut.

Masing-masing untuk flyover Rawapanjang Rp188 miliar, dan untuk Cipendawa Rp372 miliar. Dana sebanyak itu dipakai untuk kontruksi dan pembebasan lahan.

“Kalau flyover sudah jadi, sudah tidak ada lagi kemacetan di Rawapanjang maupun Cipendawa,” ujarnya.

Flyover Rawapanjang membentang dari Jalan Ahmad Yani sampai ke Jalan Siliwangi sepanjang 700 meter.

Sedangkan, flyover Cipendawa membentang di Jalan Siliwangi melintasi simpang Cipendawa sepanjang 800 meter.

Rahmat menambahkan, dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah jor-joran membangun infrastuktur jalan dan jembatan sebagai pemecah kemacetan. Di antaranya jembatan di atas tol Bekasi Timur, Jatiwaringin, Caman, dan Kemang Pratama.

“Ini adalah solusi untuk mengimbangi pertumbuhan kendaraan yang merupakan dampak dari tumbuhnya ekonomi di Kota Bekasi,” pungkasnya.

(MYA)

  • Bagikan