Vaksinasi Lansia jadi Prioritas Program Kerja Penanggulangan Covid di Kecamatan Cibitung

  • Bagikan

Vaksinasi untuk warga lanjut usia (lansia) menjadi program prioritas penanggulangan Covid-19 di Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi.

Gambaran ini terlihat pada acara Vaksin Presisi yang digelar Polsek Cikarang Barat di Pasar Pamor Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung, pada Senin (21/2/2022).

Camat Cibitung Encun Sunarto mengatakan, selain lansia yang masuk dalam prioritas namun secara umum warga yang belum menerima dosis vaksin pertama maupun vaksin kedua tetap dilayani dan divaksinasi dalam kegiatan tersebut.

“Dosis yang disediakan jumlahnya 300 dosis, secara umum warga yang datang dan ingin divaksinasi tetap dilayani karena seluruh lapisan masyarakat berhak menerima vaksin,” kata Encun.

Encun mengatakan, vaksinasi di lokasi tersebut bertujuan untuk menjangkau masyarakat khususnya lansia seiring dengan program percepatan vaksinasi terhadap masyarakat kategori lanjut usia.

“Iya vaksinasi ini diutamakan memang lansia karena saat ini yang sedang gencar dilakukan sudah sampai pada tahap masuk dalam kategori lanjut usia,” ucapnya

Dirinya juga menambahkan, selain lansia yang masuk dalam prioritas namun secara umum warga yang belum menerima dosis vaksin pertama maupun vaksin kedua tetap dilayani dan divaksinasikan dalam kegiatan tersebut.

“Dosis yang disediakan jumlahnya 300 dosis, secara umum warga yang datang dan ingin divaksinasi tetap dilayani karena seluruh lapisan masyarakat berhak menerima vaksin,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Cikarang Barat Kompol Teddy Hartanto menjelaskan bahwa, Vaksinasi Presisi merupakan program lanjutan yang dilakukan oleh Polda Metro Jaya yang bertujuan untuk membantu pemerintah dalam percepatan program vaksinasi untuk masyarakat.

Teddy juga mengatakan, mekanisme pelayanan vaksinasi di Pasar Pamor Cibitung dilaksanakan sesuai SOP dengan menerapkan protokol kesehatan, screening awal, pelaksanaan vaksin, dan observasi.

“Syaratnya sangat mudah, hanya membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP). Kemudian, mengikuti mekanisme dan akan dilayani oleh personel, para nakes dan vasinator yang bertugas di gerai vaksin presisi,” katanya.

  • Bagikan