2024, Pemkab Bekasi Rehabilitasi 323 Kelas Kategori Rusak Sedang dan Berat

  • Bagikan
Ruang Kelas Rusak
Ruang Kelas Rusak

Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi tahun ini bakal merehabilitasi ratusan ruang kelas kategori rusak berat dan sedang. Target perbaikan ruang kelas tersebut akan rampung akhir tahun ini.

“Rehabilitasi ruang kelas sedang dan berat untuk SD sebanyak 243 ruang dan SMP sebanyak 80 ruang kelas total anggaran sekitar Rp145,9 miliar lebih,” kata Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi Benny Sugiarto, Jumat (29/3/2024).

Menurut dia, anggaran sebesar itu untuk peningkatan Sarana Pendidikan dan Kesehatan di Kabupaten Bekasi. ”Perbaikan akan mulai dilakukan April mendatang dengan targetan rampung akhir tahun ini, total rehabilitasi 323 kelas,” ucapnya.

Sebelumnya, Pemkab Bekasi mengalokasikan anggaran sebesar itu sebagai bentuk prioritas peningkatan pembangunan sarana pendidikan dan kesehatan serta penataan serta pemeliharaan bangunan negara lainnya di Kabupaten Bekasi.

Adapun pembangun itu meliputi sejumlah jenis kegiatan seperti pembangunan sarana pendidikan bangun ruang kelas baru ditingkat SD dan SMP negeri masing -masing dua unit, sehingga total jadi 4 unit dengan anggaran sekitar Rp28 miliar lebih.

”Penambahan ruang kelas baru SD sebanyak 112 ruang dengan pagu anggaran sekitar kurang lebih Rp 25,5 miliar lebih,” ungkapnya.

Kemudian digelontorkan Rp21,6 miliar lebih untuk penambahan ruang kelas baru SMP sebanyak 16 ruang. Serta pembangunan sarana prasarana dan utilitas sekolah (penataan halaman dan pemagaran) SD dan SMP masing-masing 50 titik dengan alokasi total Rp11,2 miliar lebih.

Begitu juga akan dilakukan pembangunan 1 unit Puskesmas dengan pagu anggaran sekitar Rp771 juta serta rehabilitas dan pemeliharaan Puskesmas sebanyak 5 unit dengan alokasi sekitar Rp1,6 miliar dan penataan bangunan dan lingkungan sekitar Rp70 miliar. (Advertorial)

  • Bagikan