Polisi: Pelaku Begal Sejoli di Bekasi Masih Amatiran

  • Bagikan

Polsek Bekasi Selatan meringkus tiga begal yang masing-masing berinisial AR, Dede dan AK, Rabu (5/6/2024).

Kapolsek Bekasi Selatan Kompol Untung Riswaji menuturkan, pelaku begal tersebut masih amatir. Pelaku baru beraksi dua kali di wilayah Bekasi Selatan.

“Kejadian pertama di tanggal 28 Mei di Jalan Cikunir, Bekasi Selatan dan kejadian kedua dilakukan beberapa hari setelahnya,” kata Untung kepada wartawan saat rilis pers, Rabu (12/6/2024).

Kronologi aksi tiga tersangka itu bermula saat mereka yang tidak punya uang memutuskan untuk berbuat kriminal.

“Tanggal 28 sebelum beraksi, pelaku berkumpul di daerah Bekasi Selatan sekitar jam 01.00 WIB dan salah satu mengatakan ‘kita enggak punya duit nih. Ayo kita membegal’,” ucap Untung.

Setelah semuanya sepakat untuk beraksi, mereka lalu berangkat ke Jalan Cikunir, Bekasi Selatan. Di sana, mereka merampas sebuah ponsel milik sejoli yang sedang melintas menggunakan sepeda motor.

“Korban bersama pasangannya pulang kerja melintas. Kemudian pelaku AR sebagai eksekutor membacok menggunakan celurit dan mengalami luka di pundak kiri serta lengan,” ucapnya.

Beberapa hari aksinya yang pertama, tersangka Dede dan AK berniat untuk kembali beraksi. Namun, aksi mereka gagal setelah mereka diringkus oleh Tim Patroli Perintis Presisi dari Polda Metro Jaya.

Adapun dalam aksinya yang pertama, kata Untung, tersangka memang merampas ponsel korban, namun ponsel itu belum dijual lantaran sudah lebih dulu diberikan kepada pelaku YH yang kini buron.

“Jadi, hasil begal ini, pelaku belum menerima karena dijanjikan oleh pelaku YH yang akan memberikan hasil penjualan ponsel tersebut,” imbuh Untung.

Akibat perbuatannya, tiga tersangka itu kini terancam dijerat dengan pasal 365 KUH Pidana tentang pencurian disertai kekerasan dengan ancaman maksimal 9 tahun penjara.

  • Bagikan