4.086 Berkas Calon Siswa Kota Bekasi Ditolak Tim Verifikasi PPDB

  • Bagikan
Disdik Kota Bekasi Siagakan Operator PPDB Online di Tiap Kecamatan
Operator PPDB Online bersiaga di kecamatan

Sebanyak 4.086 berkas calon siswa baru Kota Bekasi ditolak tim verifikasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) karena berbagai alasan.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi, Warsim Suryana mengatakan jumlah tersebut meliputi PPDB tingkat SD dan SMA dari 37.923 calon siswa yang melakukan prapendaftaran.

“Kami telah meminta kepada tim verifikator untuk segera menyelesaikan verifikasi tanpa menunda-nunda, agar jika ada kesalahan atau kekurangan berkas, bisa segera diperbaiki oleh calon peserta didik baru (CPDB),” kata dia, dikutip Rabu (19/6/2024).

Verifikasi dilakukan oleh dua tim yang berbeda, yakni tim dari Disdik dan pihak sekolah. Tim dari sekolah bertugas untuk jalur zonasi dan prestasi, sementara tim dari Disdik menangani jalur afirmasi dan perpindahan tugas orang tua.

“Hingga saat ini, sebanyak 19.195 calon siswa baru telah berhasil diverifikasi dalam proses prapendaftaran PPDB, terdiri dari 11.767 SD dan 7.428 SMP,” jelas Warsim.

Namun, terdapat 4.086 berkas calon siswa baru yang tidak lolos verifikasi, dengan rincian 1.181 untuk SD dan 2.268 untuk SMP. “Alasan penolakan berkas antara lain KK yang diunggah kurang dari satu tahun sejak penerbitannya, ketidaksesuaian titik koordinat, dan alamat pada KK yang tidak sesuai,” tambah Warsim.

Warsim juga mengimbau agar tim verifikator tidak mengulur waktu untuk segera menyelesaikan proses verifikasi berkas calon siswa baru yang masih menunggu.

“Kami mengingatkan tim verifikator untuk tidak menunda proses verifikasi data calon siswa yang sudah masuk,” pungkasnya.

  • Bagikan