Microsoft 365 Copilot Hadir dalam Bahasa Indonesia, Tingkatkan Produktivitas Organisasi di Era Digital

Microsoft kembali memperkuat komitmennya untuk mendukung transformasi digital di Indonesia dengan menghadirkan Microsoft 365 Copilot dalam Bahasa Indonesia.

Kehadiran fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) ini datang di masa yang sangat krusial, di mana organisasi di Indonesia semakin cepat beradaptasi dengan teknologi digital untuk tetap kompetitif di pasar yang terus berkembang.

Microsoft 365 Copilot memungkinkan integrasi kecerdasan buatan langsung ke dalam aplikasi Microsoft 365 yang sudah dikenal luas, seperti Word, Excel, dan PowerPoint.

Dengan demikian, alat ini tidak hanya membantu mempercepat alur kerja, tetapi juga meningkatkan produktivitas dan mendukung pengambilan keputusan yang lebih cepat dan lebih cerdas, tanpa mengorbankan kualitas.

“Copilot hadir untuk membantu dalam segala hal, mulai dari meringkas serta membuat dokumen, hingga melakukan analisis data yang kompleks. Semua ini disampaikan dalam bahasa yang terasa alami bagi pelanggan kami di Indonesia,” ungkap Ricky Haryadi, Go-To-Market Lead, AI at Work & AI for Cybersecurity Microsoft ASEAN, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (5/12/2024).

Salah satu pengguna awal Microsoft 365 Copilot di Indonesia, Telkomsel, telah merasakan dampak positif dari penerapan alat ini dalam operasi sehari-hari mereka.

Di divisi Pemasaran, Keuangan, dan Manajemen Solusi Bisnis, tim Telkomsel memanfaatkan Copilot untuk menyederhanakan berbagai proses, menghemat waktu, dan meningkatkan kualitas hasil kerja.

Sebagai contoh, di tim pemasaran, penggunaan Microsoft 365 Copilot telah mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk merangkum rapat. Jika sebelumnya membutuhkan 2 jam per rapat, kini waktu tersebut berkurang menjadi hanya 30 menit.

Selain itu, proses pembuatan presentasi juga lebih efisien berkat penghematan waktu yang signifikan. Tidak hanya itu, tim pemasaran juga mencatat peningkatan dalam kualitas lead generation dan pengelolaan program pemasaran.

Fitur Copilot juga sangat berguna untuk memproses dan menganalisis data dalam waktu yang jauh lebih cepat. Misalnya, tim Manajemen Solusi Bisnis Telkomsel mampu memperoleh wawasan industri dalam 10 menit, dibandingkan sebelumnya yang memakan waktu hingga 2 hari.

Selain itu, kemampuan untuk menganalisis sentimen pelanggan yang dulu memerlukan waktu hingga 1 minggu kini hanya memerlukan 2 hari. Proses pemecahan masalah pada system logs yang sebelumnya memakan waktu 3 jam, kini dapat diselesaikan dalam 30 menit.

Di sisi lain, tim keuangan Telkomsel juga merasakan manfaat besar dari penggunaan Copilot.

Mereka kini dapat membuat dokumen teknis lebih cepat—hingga 3 kali lebih cepat—dan menghasilkan laporan yang lebih komprehensif, dengan 30% lebih banyak wawasan yang berhasil diperoleh dari dokumen pendukung.

“Microsoft 365 Copilot telah memberikan dampak transformasional bagi operasi kami sehari-hari,” ujar Wira Manuara, Vice President IT Corporate Solutions dan Cloud CoE Telkomsel.

“Dengan bantuan Copilot, tim kami kini dapat fokus pada inisiatif strategis yang mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan kepuasan pelanggan.”

Sejak pertama kali diluncurkan pada 1 November 2023, Microsoft 365 Copilot telah menerima lebih dari 300 pembaruan, termasuk pembaruan dalam gelombang kedua yang diumumkan pada Microsoft Ignite 2024.

Pembaruan ini mencakup peningkatan kecepatan respons yang kini rata-rata lebih dari dua kali lipat lebih cepat, serta peningkatan kepuasan pengguna yang meningkat hampir tiga kali lipat.

Visi Microsoft untuk Copilot adalah memungkinkan bisnis di Indonesia untuk lebih produktif dan inovatif, dengan menyediakan alat canggih yang dibutuhkan untuk berkembang di dunia digital yang semakin cepat.

Microsoft 365 Copilot dalam Bahasa Indonesia kini tersedia bagi organisasi di Indonesia yang ingin merasakan manfaat transformasi digital, memungkinkan karyawan untuk fokus pada tugas-tugas yang lebih bernilai dan mendorong pertumbuhan yang lebih cepat.

Sebagai bagian dari Microsoft’s commitment, alat ini memberikan solusi praktis yang memadukan kecerdasan buatan dengan kebutuhan operasional sehari-hari, memudahkan proses kerja dan mendukung pencapaian tujuan bisnis yang lebih besar.

Ikuti Kami di GOOGLE NEWS

Simak berita seputar Bekasi di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Gobekasi.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VarakafA2pLDBBYbP32t. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *