PMI Kota Bekasi Gelar Vaksinasi dengan Astra Zeneca

  • Bagikan
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap warga diatas usia 18 tahun terselenggara di halaman kantor PMI Kota Bekasi, Jalan Pramuka, Bekasi Selatan. Foto: Gobekasi.id
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap warga diatas usia 18 tahun terselenggara di halaman kantor PMI Kota Bekasi, Jalan Pramuka, Bekasi Selatan. Foto: Gobekasi.id

Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kota Bekasi bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bekasi menggelar vaksinasi untuk peserta dengan usia 18 tahun ke atas di halaman kantor PMI Kota Bekasi pada, Sabtu (21/8/2021).

Jenis vaksin yang digunakan adalah vaksin jenis Astra Zeneca untuk peserta sebanyak 3000 jiwa. Menurut Ketua Panitia Penyelenggara, Kusnaman menyebutkan bahwa peserta vaksinasi mendaftar secara daring/online dan peserta diutamakan untuk yang telah mendaftar terlebih dahulu dan sudah mendapat konfirmasi dari pihak penyelenggara.

“Kami membuka pendaftaran secara online yang link-nya kami sebarluaskan melalui akun media sosial PMI Kota Bekasi sejak seminggu yang lalu, dan peserta dapat mengisi formulir yang merupakan kartu kendali, setelah itu peserta akan mendapat balasan dari kami dan akan masuk ke dalam database kami, sehingga pada hari H peserta hanya tinggal datang membawa kartu kendali yang sudah didaftarkan dan sudah didata oleh kami,” kata dia.

Sekretaris PMI Kota Bekasi ini juga mengatakan jika penyelenggara juga mengantisipasi apabila ada yang mendaftar secara offline/datang langsung ke lokasi, namun diutamakan terlebih dahulu bagi peserta yang telah mendaftar secara online.

“Dari total 3000 kuota, kami sediakan 2500 terlebih dahulu untuk peserta yang mendaftar online, itupun setelah 4 hari kami buka pendaftaran sudah habis kuotanya, dan kami cadangkan 500 lainnya untuk antisipasi pendaftaran secara offline seperti yang datang langsung ke kantor PMI, namun tetap diutamakan terlebih dahulu yang mendapat vaksin adalah yang telah mendaftar secara online,” jelas dia.

Penyelenggaraan vaksinasi di halaman Kantor PMI Kota Bekasi merupakan pemberian vaksin dosis pertama dengan didukung oleh tenaga kesehatan dari Puskemas Marga Jaya dan relawan PMI Kota Bekasi yang merupakan perawat.

Sama seperti pelaksanaan vaksinasi lainnya, peserta yang datang telah membawa kartu kendali yang sudah dicetak dan sudah didaftarkan secara online, perlu melewati proses skrinning kesehatan terlebih dahulu sebelum dinyatakan lolos untuk diberikan vaksin.

Kegiatan vaksinasi tersebut berjalan lancar dengan mengerahkan unsur Satpol PP, Dishub, Babinsa, dan Polisi dalam pengamanannya serta berjalan sangat sesuai dengan protokol kesehatan tanpa ada kerumunan, baik peserta maupun panitia selalu memakai masker, dan selalu menjaga jarak dan bahkan istimewanya, PMI Kota Bekasi menyediakan bingkisan untuk peserta yang telah divaksin.

Ia juga menjelaskan perlunnya menerapkan protokol kesehatan dari 5M menjadi 6M serta Etika batuk yang baik guna meminimalisir penyebaran virus Covid-19. 6M adalah upaya pencegahan penularan Covid-19 yang terdiri dari Menggunakan masker dengan benar, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Membatasi mobilitas, Menjauhi kerumunan dan Menghindari makan bersama. Serta Etika batuk dan bersin, menggunakan masker, menutup mulut dan hidung dengan lengan atas bagian dalam, menutup hidung dan mulut menggunakan tisu, membuang tisu di tempat sampah dan segerakan cuci tangan dengan menggunkan air mengalir.

(Mochamad Yacub Ardiansyah)

  • Bagikan