Kota Bekasi Bersiap Kembali Terapkan PTM 100 Persen

  • Bagikan
Wakil Walikota Bekasi Usulkan Korban Penipuan Loker Lapor Polisi
Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menegaskan kesiapan Kota Bekasi untuk menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) 100% dari tingkat SD, SMP, dan SMA.

Hal itu terkait terus menurunnya perkembangan kasus aktif Covid-19 dan semakin banyaknya jumlah pelajar yang telah menjalani vaksinasi Covid-19.

“Melalui keluaran data Dinas Kesehatan Kota Bekasi, untuk vaksinasi pada anak-anak berdasarkan fasilitas kesehatan dalam dosis pertama 90,85%, dosis kedua 68,50%. Berdasarkan EKTP Kota Bekasi untuk anak-anak pada dosis pertama 82,23%, dosis kedua 62,29%. Melalui data ini, kesiapan pertemuan tatap muka akan menjadi bahan untuk evaluasinya,” kata Tri Adhianto, Rabu (23/3/2022).

Tri menjelaskan pihaknya juga harus memperhatikan dasar hukum menurut Permendikbud nomor 2 tahun 2016 tentang jumlah waktu yang dibutuhkan untuk 1 jam pembelajaran.

Selain itu, apa saja yang harus dipersiapkan untuk menunjang proses pembelajaran.

“Adapun 1 jam pembelajaran untuk tingkat SD 30 menit untuk satu jam pelajaran, SMP 40 menit untuk satu jam pelajaran. Sedangkan SMA 40 menit untuk satu jam pelajaran. Untuk sarana dan tenaga pendidik juga sudah kami persiapkan,” jelas Tri.

Tri berharap program PTM 100% dapat berjalan dengan lancar. Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi akan terus memonitoring terkait perkembangan aktivitas PTM yang akan dilaksanakan di Kota Bekasi.

Sejauh ini, Pemkot Bekasi masih memberlakukan status PPKM level 2. Dalam status PPKM level 2 proses belajar mengajar masih berlaku pada PTM terbatas 50%.

“Terlebih kita akan menyambut bukan suci Ramadan, Idul Fitri dan mudik tentunya. Fasilitas kesehatan dan penunjang lainnya juga akan menjadi perhatian khusus. Insya Allah, keputusan terbaik akan kita ambil untuk anak-anak kita,” pungkasnya.

  • Bagikan