Hujan Deras di Kota Bekasi Sebabkan 16 Wilayah Tergenang Banjir

  • Bagikan

Sebanyak 16 titik banjir terjadi akibat hujan deras yang mengguyur pada Sabtu (6/7/2024).

Koordinator Satgas Pengendali Banjir BPBD Kota Bekasi, Karsono, mengatakan, 16 titik itu meliputi Bekasi Selatan, Bekasi Timur, Bekasi Barat, Rawalumbu, Medan Satria, Jatiasih, Pondokgede dan Mustikajaya.

“Status ketinggian air bervariasi,” ujar Karsono saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu sore.

BPBD memerinci, untuk di Kecamatan Bekasi Selatan, ada dua titik yakni di Pekayon Jaya dan di Jalan Pakis Raya.

Kedua memiliki tinggi muka air mulai dari 30-50 sentimeter.

“Untuk di Bekasi Timur, ketinggian air mulai dari 5-15 sentimeter,” jelas dia.

Ia melanjutkan, untuk di wilayah Bekasi Barat, setidaknya ada lima titik yang terendam air.

“Kelurahan Bintara Jaya depan RS Selasih 60-70 sentimeter. Perumahan Pondok Cipta 30-40 sentimeter. Griya Bintara Indah RW 12 tinggi muka air 30 sentimeter. Bintara Loka Indah 60-100 sentimeter dan Kota Bintang ketinggian kurang lebih 50 sentimeter,” tutur dia.

Adapun untuk wilayah Medan Satria, terdapat dua titik genangan. Masing-masing ada di Kelurahan Kalibaru dengan ketinggian air 40-50 sentimeter dan Kelurahan Pejuang depan SMP Negeri 19 Kota Bekasi setinggi 20 sentimeter.

Sementara untuk wilayah Jatiasih dan Pondokgede, kata Karsono, terdapat di Komplek IKIP setinggi 70 sentimeter dan Kelurahan Jatibening Baru Jalan Kemangsari setinggi 80-100 sentimeter serta Perumahan Antilope tinggi muka air 30-50 sentimeter.

“Lalu untuk Kecamatan Mustikajaya, ada di Perumahan Mutiara Gading Timur dengan tinggi muka air 30-40 sentimeter,” jelas Karsono.

Karsono mengimbau, untuk warga yang wilayahnya tergenang, segera melaporkan ke petugas terkait dan mengevakuasi diri apabila genangan semakin tinggi.

“Langkah-langkah yang dilakukan antara lain mengkaji secara cepat, mengevakuasi warga yang genangannya tinggi serta memberi edukasi kepada warga agar para orangtua menjaga anak-anaknya,” tutup Karsono.

  • Bagikan