Akses Jalan Menuju Semburan Lumpur di Kranggan Ditutup

  • Bagikan

Akses jalan menuju lokasi semburan lumpur yang viral di pekarangan Waterpark Kranggan Bekasi, Jalan Lembur I RT 03/04, Kelurahan Jatirangga, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, telah ditutup. Warga juga tidak diperkenankan mendekati area tersebut.

Lurah Jatirangga, Ahmad Affandi mengatakan, semburan air bercampur lumpur itu akibat adanya galian sumur bor oleh pemilik kolam renang Waterpark Kranggan. Namun, ia belum mengetahui detail perihal galian tersebut.

“Itu ada galian disana, pekerjaannya sudah beberapa hari dan kemarin adalah hari ke-5. Namun proses galian belum mencapai target sudah menyemburkan air lumpur dari dalam tanah,” kata Affandi di konfirmasi melalui sambungan seluler nya, Minggu (6/9/2020) kepada gobekasi.id.

Menurutnya, semburan lumpur di lokasi tersebut sudah mulai mereda. Petugas menutup dengan batu dan semen sebagai upaya antisipasi.

Affandi menjelaskan, sedari kemarin hingga tadi malam telah melalukan monitoring di lokasi. Ia menyampaikan bahwa kasus itu sudah dalam tahap penelitian.

Ia juga menegaskan kalau terkait perizinan pengeboran itu pihaknya tak dilibatkan. Sebab, ada pada ranah Pemerintah Kita Bekasi dan izin usaha pemanfaatan sumber bawah tanah kewenangan berada di Pemerijtah Provinsi Jawa Barat.

“Itu sudah sampai Pemkot Bekasi, Pak Walikota juha sudah meninjau didampingi Pak Kadis Lingkungan Hidup, ada tim ahli juga kesanah,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, video berdurasi 19 detik viral di media sosial. Dalam video itu nampak semburan lumpur tinggi keatas, menyembur hingga menggenangi permukiman warga.

Salah seorang yang merekam video itu juga sempat terkejut dan menyebut semburan lumpur ini mirip di Lapindo Sidoarjo.

“Semburan lumpur kayak Lapindo di sekitaran Kranggan Bekasi,” ucap orang dalam video itu.

(MYA)

  • Bagikan