Libur Panjang, 147 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta

  • Bagikan
Kondisi Terkini GT Cikampek Utama. Foto: Dokumentasi Jasa Marga
Kondisi Terkini GT Cikampek Utama. Foto: Dokumentasi Jasa Marga

PT Jasa Marga (Persero) mencatat 147 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta pada Selasa(27/10/2020) malam atau libur Maulid Nabi 1442 H.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, total volume lalu lintas yang meninggalkan Jakarta ini naik 26,4 persen jika dibandingkan lalin normal.

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama yaitu, GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur).

“Puncak arus terjadi sejak Selasa malam hingga siang ini, atas diskresi kepolisian kita lakukan contraflow di KM 47-61,” kata Dwimawan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/10/2020).

Distribusi lalu lintas kendaraan yang meninggalkan Jakarta dari ketiga arah mayoritas sebanyak 49,48 persen menuju arah Timur, 28,38 persen menuju arah Barat dan 22,14 persen menuju arah Selatan.

Adapun rincian distribusi lalin untuk arah Timur yang tercatat di GT Cikampek Utama 1, dengan jumlah 41.143 kendaraan meninggalkan Jakarta, naik63,6 persen.

GT Kalihurip Utama 1, dengan jumlah 32.058 kendaraan meninggalkan Jakarta, naik sebesar 38,5 pesen dari lalin normal.

Total kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah Timur adalah sebanyak 73.201 kendaraan, naik sebesar 51,6 persen dari lalu lintas normal.

Untuk lalu lintas yang meninggalkan Jakarta melalui arah Barat mengalami kenaikan.

GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 41.984 kendaraan, naik sebesar 4,9 persen dari lalu lintas normal.

Sedangkan untuk arah Selatan, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Selatan/Lokal melalui GT Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 32.763 kendaraan, naik sebesar 14,1 persen dari lalu lintas normal.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Misalnya dengan memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak) saat berada di Tempat Istirahat, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup.

Kemudian mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara.

Informasi lalu lintas di seputar jalan tol dapat diakses melalui Call Center 24 Jam di nomor 14080. Untuk itu, masyarakat yang ingin menggunakan tol wajib memperhatikan protokol Kesehatan untuk menekan penyebaran wabah Covid-19.

(APQ)

  • Bagikan