Pemkot Bekasi Berlakukan KTP Digital

  • Bagikan
Blanko dari Kemendagri "Macet", Ratusan Ribu Warga Bekasi Belum Miliki e-KTP
Ilustrasi blanko e-KTP

Pemerintah Kota Bekasi telah memberlakukan KTP Digital, yang bisa di akses melalui Aplikasi Identitas Kependudukan Digital dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dengan adanya pemberlakuan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital, Pemkot Bekasi meminta warganya beralih ke KTP Digital.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Bekasi Taufik R Hidayat mengatakan, penggunaan aplikasi ini guna menekan anggaran pemerintah untuk menerbitkan blangko KTP.

Dikarenakan, berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi setiap tahun 120.000 warga mengajukan pembuatan KTP.

Sedangkan dari ratusan ribu pengajuan pembuatan KTP itu, sebanyak 35 persen diantaranya mengajukan dengan alasan kehilangan.

Baca Juga: Pengurusan SIM dan KTP di Bekasi Kini Wajib Pakai Surat Vaksin

“Mencapai 35 persen lebih orang yang mencetak KTP itu karena hilang, jadi kebayang kalau terus menerus mencetak itu, duit negara habis disitu,” kata Taufik R Hidayat, Minggu (18/12/2022).

Menurutnya Pemerintah Republik Indonesia dapat lebih jauh menghemat anggaran ratusan miliar setiap tahun, dengan cara peralihan KTP digitalisasi ini.

Ia menilai KTP digital menjadi pilihan alternatif usai KTP berbentuk fisik, dikarenakan dapat diakses melalui ponsel pintar (smartphone).

“Sama persis (kegunaannya), ini transformasi yang sedang dilakukan jadi kedepan gak perlu lagi orang-orang membawa blangko KTP untuk pengurusan,” ucapnya.

Baca Juga: Blanko dari Kemendagri “Macet”, Ratusan Ribu Warga Bekasi Belum Miliki e-KTP

Taufik R Hidayat menjelaskan aktivasi KTP Digital sangatlah mudah, warga Kota Bekasi hanya perlu mengunduh aplikasi dan membawa KTP fisik ke masing-masing Kecamatan.

“Bagi warga yang sibuk kerja, kita juga buka pelayanan di Stasiun Bekasi dan Pengaktifannya hanya butuh lima menit saja,” ungkapnya.

Perlu diketahui, Pemkot Bekasi telah melakukan percepatan ke warga untuk beralih dari KTP Fisik ke KTP digital sejak bulan Oktober 2022.

Menurut keterangan yang fin.co.id dapat, sampai dengan bulan Desember 2022 sebanyak 7.000 orang sudah beralih dan mengaktivasi KTP Digital.

  • Bagikan