# Go-Komunitas

Yannie Kim, Artis Drakor Asal Bekasi, Begini Kisah Cintanya dengan Oppa Korea

Foto Yannie Kim bersama Ko Incheol dan kedua anaknya. (Foto: dok. pribadi Yannie Kim)
Foto Yannie Kim bersama Ko Incheol dan kedua anaknya. (Foto: dok. pribadi Yannie Kim)

Yani Mustafa atau yang lebih dikenal Yannie Kim merupakan warga Bekasi Utara, Kota Bekasi yang sukses menjadi artis drama korea (drakor). Selain sukses meniti karir di negeri gingseng, Yannie juga menikah dengan pria Korea bernama Ko Incheol dan dikaruniai dua orang anak.

Yannie yang menikah dengan Ko Incheol pada tahun 2004 mengungkapkan kisah cintanya dari awal pacaran hingga menikah ternyata tidak selalu seindah seperti kisah-kisah drakor di film. Ia menceritakan awal kisahnya ketika berangkat ke Korea untuk magang di salah satu perusahaan disana.

“Awal ketemu pada tahun 2000 pas pertama kali aku magang di perusahaan Korea. Aku kan dikirim dari Indonesia untuk magang. Satu perusahaan ketemunya. Saat awal ketemu sih kita nggak ada rasa apa-apa antara atasan dan bawahan. Bukannya ada rasa atau nggak, cuma ya namanya punya rasa nggak mungkin bilang suka apalagi beda negara, yang terasanya karena dia kasih perhatian lebih saja, dia care. Berjalan begitu aja tanpa ada yang bilang siapa yang suka, tahu-tahu pacaran,” kata Yannie, dikutip dari Wolipop.

Namun setelah dua tahun, masa magangnya di Korea pun berakhir. Yannie mengaku harus menjalani hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR) dengan Ko Incheol. Ia pun juga mengaku tidak ada yang spesial dalam hubungannya bersama pria Korea.

“Karena visa aku hanya dua tahun dapat dari perusahaannya untuk magang, aku pulang. Tiga tahun dia di Korea aku di Indonesia. Total lima tahun masa pacarannya kurang lebih. Nggak ada yang spesial juga, mungkin yang terlihat menonjol gara-gara beda negara aja menurut aku. Zaman sekarang kan booming Korean Dream banget kalau menikah sama orang Korea, jadi kayak cinderela, sebenarnya sama aja,” tawa Yannie.

Selama lima tahun menjalin hubungan bersama Ko Incheol, Yannie menceritakan lika-likunya hubungan mereka karena perbedaan budaya dan bahasa. Selain itu, hubungan mereka juga mendapat pertentangan dari orang tua kedua belah pihak.

“Zaman dulu kan masih tabu anak perempuan menikah dengan orang luar negeri. Apalagi aku anak terakhir. Sudah tradisi kita kan kalau cewek ikut suami. Terus kedua karena perbedaan agama juga, orangtua aku khawatir aku akan murtad. Ketiga karena harus jauh dari orangtua dan banyak banget yang harus dipikirin. Apalagi dulu orangtua kan kolot,” terangnya.

Tak surut dengan berbagai rintangan, ia pun melakukan berbagai cara demi meyakinkan kedua orang tuanya. Hingga akhirnya, mereka mendapatkan jalan tengah yaitu Ko Incheol mengikuti keyakinan Yannie dan memeluk Islam. Sedangkan Yannie mengalah untuk ikut sang suami tinggal di Korea.

Yanni Kim bersama kedua anaknya. (Foto: dok. pribadi Yannie Kim)

Yanni Kim bersama kedua anaknya. (Foto: dok. pribadi Yannie Kim)

“Aku ikut dia ke Korea, lalu dia ikut agamaku. Kerjaan tetapnya ada di Korea tidak memungkinkan untuk pindah. Kan bisa juga pulang ke Indonesia. Akhirnya pihak ibuku bilang kalau dia masuk Islam ya silahkan,” ucap Yannie.

Berdasarkan penuturan Yannie, Ko Incheol memeluk Islam pada 2004 di Masjid dekat rumahnya di Bekasi Utara. Setelah Ko Incheol sah memeluk Islam, mereka pun langsung menikah secara agama. Karena menurutnya mengurus dokumen pernikahan di kedua negara cukup sulit.

Kini Yannie dan Ko Incheol telah dikarunia dua orang anak yang bernama Ko Soo Bin (15 tahun) dan Ko Eun Bi (6 tahun). Yannie membesarkan kedua anaknya dengan bahasa Korea sebagai bahasa ibu. Namun, kedua anaknya juga bisa mengerti jika dia berbicara dalam bahasa Indonesia.

Diketahui, Yannie Kim pernah membintangi berbagai serial drakor:

1. Yong Pal

Drakor Yong Pal

Yong Pal adalah drama Korea yang tayang pada 2015 lalu. Drama sebanyak 18 episode ini dibintangi oleh Joo Won, Kim Tae Hee, Chae Jung An, dan Jo Hyun Jae.

Drama yang dibesut oleh sutradara Oh Jin Suk tersebut menceritakan tentang ahli bedah berbakat bernama Kim Tae Hyun (Joo Won). Demi membayar biaya rumah sakit sang adik perempuan, Tae Hyun rela membuka praktik ilegal.

Dengan mengusung nama samaran Yong Pal, Tae Hyun menawarkan jasanya kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan medis namun tidak dapat dilakukan secara terbuka. Mereka biasanya yang terkait dengan kasus kriminal dan korupsi.

Tae Hyun kemudian diminta untuk menyelamatkan seorang perempuan, Han Yeo Jin (Tae Hee). Yeo Jin berasal dari keluarga kaya raya dan pewaris utama. Namun Yeo Jin sengaja dibuat koma secara medis.

Dalam drama Korea Yong Pal, Yannie Kim berperan sebagai pasien imigran yang melahirkan.

2. Hospital Ship

Drakor Hospital Ship

Hospital Ship adalah drama Korea Selata yang tayang pada tahun 2017. Drama dengan 40 episode tersebut dibintangi oleh Ha Ji Won, Kang Min Hyuk, dan Lee Seo Won.

Drama yang digarap oleh sutradara Pak Je Bum ini mengisahkan tentang para dokter muda yang memberikan pelayanan kesehatan lewat kapal rumah sakit. Mereka berlayar mengelilingi pulau-pulau kecil untuk memberikan perawatan kepada penduduk setempat.

Song Eun Jae (Ha Ji Won) adalah salah satu kru di kapal rumah sakit tersebut. Ia sebetulnya seorang ahli bedah di sebuah rumah sakit besar.

Kemudian ada juga sosok Kwak Hyun (Min Hyuk) yang merupakan anak dari dokter terkenal. Demi menghindari dinas militer, Kwak Hyun bergabung menjadi relawan dalam kapal rumah sakit.

Lain lagi dengan Kim Jae Gul (Seo Won) yang merupakan anak dari direktur sebuah rumah sakit umum. Dengan kepribadian yang berbeda para dokter ini harus mengesampingkan ego mereka masing-masing demi memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik.

Dalam drama Hospital Ship, Yannie Kim berperan sebagai salah satu pasien tuna wicara.

3. Voice 3

Drakor Voice 3

Drama ini melanjutkan kisah dari Voice 2. Seperti diketahui Voice adalah drama seri yang dibesut oleh sutradara Nam Ki Hoon.

Kisah dalam Voice musim ketiga masih seputar kehidupan anggota tim pusat panggilan darurat 112. Mereka harus berhadapan dengan kartel kejahatan internasional yang terlibat dalam jaringan gelap internet.

Aktor Lee Jin Wook berperan sebagai Do Kang Woo, pemimpin tim lapangan 112. Sementara Lee Ha Na berperan sebagai Kang Kwon Joo, kepala call center 112.

Adapun Yannie Kim mendapat peran antagonis bernama Pertiwi. Karakter Pertiwi merupakan korban penipuan dari pemilik Imigrant Center berusaha membunuh sang direktur.

4. Strangers From Hell

Drakor Strangers From Hell

Strangers From Hell menceritakan tentang seorang pemuda berusia 20-an yang pindah ke Seoul. Ia mendapat kesempatan magang di sebuah perusahaan dan memutuskan tinggal di asrama demi menghemat uang. Namun ternyata asrama tersebut menyimpan keanehan tersendiri.

Drama Strangers From Hell diangkat dari webtoon berjudul sama. Strangers From Hell dibintangi oleh Im Si Wan yang berperan sebagai Yoon Jong Woo, seorang penulis tinggal di kamar 303 di asrama Eden. Sementara Lee Dong Wook berperan sebagai Seo Moon Jo, seorang dokter gigi yang berpraktik di dekat gedung asrama Eden.

Drama dengan jumlah 10 episode ini telah tayang di Korea dari 31 Agustus 2019 hingga 6 Oktober 2019. Dalam drama tersebut, sosok Yannie Kim hanya diperlihatkan sekilas dalam sebuah foto.

5. The Great Show

Drakor The Great Show

The Great Show merupakan drama terbaru yang dibintangi aktor Song Seung Heon. Kalau Bunda pencinta drama Korea pasti sudah akrab dengan wajah bintang drama Autumn in My Heart ini.

Dalam drama Korea The Great Show, Seung Heon beradu akting dengan Lee Sun Bin, dan Lim Ju Hwan. Drama dengan jumlah 16 episode ini telah tayang di Korea dari tanggal 26 Agustus 2019 hingga 15 Oktober 2019.

Drama yang dibesut sutradara Shin Yong Hwi tersebut mengisahkan tentang mantan parlemen dan politisi matrealistis bernama Wi Dae Han (Seung Heon). Suatu hari gadis berusia 18 tahun bernama Han Da Jung (Noh Jeong Eui) datang pada Dae Han dan mengaku sebagai anak kandungnya.

Ibu Da Jung meninggal dalam kecelakaan tabrak lari dan meninggalkan empat orang anak, termasuk Da Jung. Dae Han kemudian menerima Da Jung dan ketiga adiknya sebagai keluarga namun demi sebuah ‘The Great Show’ agar bisa menjadi anggota parlemen lagi.

Dalam drama ini, Yannie Kim berperan sebagai ibu tiri dari seorang anak nakal. Akting Yannie bisa ditonton di episode 13 The Great Show.

6. Love is Beautiful Life is Wonderful

6. Love is Beautiful Life is Wonderful

Drama yang juga mengusung judul Beautiful Love Wonderful Life ini adalah salah satu drama akhir pekan populer di Korea saat ini. Love is Beautiful Life is Wonderful bertabur artis Korea, seperti Seol In Ah, Kim Jae Young, Jo Yoon Hee, Yoon Park, Oh Min Suk, dan Jo Woo Ri.

Drama Love is Beautiful Life is Wonderful mengisahkan tentang orang-orang yang berusaha mencari cinta dan kebahagiaan. Mereka adalah Kim Seol A (Yoon Hee) seorang mantan presenter dan sosok yang ambisius. Ia menikahi seorang CEO, Do Jin Woo (Min Suk).

Kemudian ada juga karakter koki, Moon Tae Rang (Yoon Park). Tae Rang adalah anak tertua dari keluarga yang terdiri dari anak adopsi.

Tae Rang memiliki adik perempuan bernama Moon Hae Rang yang bekerja sebagai sekretaris Jin Woo. Drama ini masih tayang di Korea dan meraih rating tinggi.

Adapun peran Yannie Kim dalam drama Love is Beautiful Life is Wonderful adalah sebagai asisten rumah tangga.

(YUN)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top