Momen Hari Kartini, Ibu Hamil Diajak Kenali Kandungan untuk Anak Sehat dan Cerdas

  • Bagikan

Momentum Hari Raden Ajeng Kartini dimanfaatkan oleh Rumah Sakit Siloam Area Bekasi. Para Ibu Hamil diajak untuk mengenali kandungan anak sehat dan cerdas.

Dalam kesempatan tatap muka, RS Siloam Group menghadirkan tiga narasumber yaitu, Spesialis Kebidanan dan Kandungan dr. Mohammad Hasrul dari RS Sentosa. Spesialis Anak dari RS Siloam Bekasi Timur dr.Natasha Yuwanita serta Hasjim Hasbullah dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RS Siloam Bekasi Sepanjang Jaya.

Menurut Mohammad Hasrul,kehamilan dan nutrisi ibu hamil sangat penting untuk diketahui. Pasalnya, ada beberapa pemeriksaan laboratorium yang penting dilakukan bagi ibu selama masa kehamilan.

Contohnya kata dia Hematologi lengkap yang meliputi Hb, Lekosit, Gol darah, Faktor Rhesus, Kadar Glukosa Darah, Virus Hepatitis, Serologi, Anti HIV, Urinalisa, Hormon Kehamilan, Virus TORCH.

“Pertumbuhan janin selama masa kehamilan bisa dipengaruhi berdasarkan beberapa faktor, mulai dari faktor ibu, faktor anak sampai faktor plasenta,” jelas dia.

Selain itu, lanjut Hasrul, faktor ibu bisa dilihat dari tinggi badan, gizi, tempat tinggal, kehamilan ganda, kelainan uterus.

“Sementara, faktor anak bisa dilihat dari jenis kelamin, kelainan genetis, infeksi intraunterin dan kelainan kongenital. Serta faktor plasenta bisa dilihat dari insufisiensi plasenta,” urainya.

Bagi ibu hamil, idealnya nutrisi yang cukup sangatlah penting bagi kesehatan janin di dalam kandungan karena memerlukan nutrisi.

“Kalori sebanyak 2.550 kal/hari, protein sebanyak 69 gr/hari, lemak sebagai cadangan energi dan pelarut vitamin, Vitamin A, D, E, K dan B Komplek, Mineral diantaranya, Zat besi, Seng, Kalsium, Asam Folat, dan Yodium,” pungkasnya.

(LEN)

  • Bagikan