Setelah Teluk Pucung, Ketua DPRD Kota Bekasi Sampaikan Rencana Pembangunan RSUD Tipe D di Bekasi Barat

  • Bagikan
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi meninjau RSUD Bekasi Utara pascaperesmian, Rabu (3/2/2021). Foto: (Ist)
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi meninjau RSUD Bekasi Utara pascaperesmian, Rabu (3/2/2021). Foto: (Ist)

Pemerintah Kota Bekasi berencana membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kelas D khusus Covid-19 di kawasan Bekasi Barat. Rencana itu muncul setelah Pemkot baru saja meresmikan RSUD Kelas D khusus Covid-19 di Teluk Pucung, Bekasi Utara.

Rencana itu pun sempat disampaikan kepada pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bekasi.

“Harapannya Pak Wali katanya masih ada satu lagi (RSUD akan dibangun). Harapan satu lagi di Bekasi Barat,” kata Ketua DPRD Kota Bekasi Choiruman J Putro saat dikonfirmasi, Rabu (3/2/2021).

Namun demikian, Choiruman tak merinci waktu pembangunan RSUD kelas D itu akan diselenggarakan. Dia juga tak menjelaskan berapa kapasitas RSUD yang akan dibangun itu.

Sejauh ini, Choiruman hanya mengapresiasi diresmikannya RSUD khusus Covid-19 di Teluk Pucung. Dengan adanya RSUD ini, pemerintah diharapkan bisa maksimal dalam melayani masyarakat.

Masyarakat juga diharapkan tak kesulitan mencari kamar untuk jalani isolasi.

“Harapan kita dengan bangunan yang sudah sangat lengkap ini bisa meningkatkan layanan kesehatan khususnya di Bekasi Utara,” kata Choiruman.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati mengatakan, RSUD ini memiliki fasilitas 100 tempat tidur.

“Kapasitas tempat tidur kami menyiapkan 100, diharapkan ini bisa menjadi alternatif penyelesaian bila terjadi peningkatan (jumlah pasien) terus,” kata Tanti.

Selain itu, sebanyak 60 petugas yang terdiri dari tenaga kesehatan dan staf juga disiapkan untuk bertugas di rumah sakit itu.

Tanti mengatakan, rumah sakit ini melayani pasien Covid-19 dengan beberapa kategori, di antaranya bergejala sedang, ringan, dan tanpa komorbid. Sementara itu, pasien yang memiliki komorbid akan dialihkan ke RSUD lain yang ada di Kota Bekasi.

“RSUD lain ada poliklinik ada ICU sehingga kemungkinan di sana dapat melayani pasien dengan keluhan dan komorbid,” kata Tanti.

Tanti berharap hadirnya RSUD tambahan ini dapat menampung pasien Covid-19 yang jumlahnya semakin banyak,

(ADV/SHY)

  • Bagikan