Jadi Sorotan Publik, Posko Ormas di Kali Jati Dibongkar

  • Bagikan
Alat berat excavator merobohkan bangunan liar semi permanen milik ormas di Jalan Kali Jati, Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jumat (23/9/2022).
Alat berat excavator merobohkan bangunan liar semi permanen milik ormas di Jalan Kali Jati, Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jumat (23/9/2022).

Masyarakat Kota Bekasi menyoroti sikap Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi yang dianggapnya tebang pilih dalam pembongkaran bangunan liar (Bangli) di sepanjang Jalan Kali Jati, Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi pada Kamis (22/9/2022) kemarin.

Sebabnya adalah lantaran Pemkot Bekasi melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mengambil sikap yang dirasa tak adil bagi masyarakat di sana. Dimana, ada sejumlah pos komado (Posko) Organisasi Masyarakat (Ormas) yang tidak tersentuh pembongkaran.

Hal itu tentu menyulut emosi masyarakat, khusunya yang berusaha di sepanjang bibir Kali Jati. Setidaknya, ada 70 pedagang disana, mereka protes dan bahkan akan menyeret Lurah Kayuringin Jaya ke jalan apabila posko ormas di sana tidak dibongkar.

Disisi lain, DBMSDA dan Satpol PP melakukan mediasi tertutup kepada perwakilan sejumlah Ormas di sana. Hasilnya ialah hari ini seluruh posko Ormas disana dibongkar.

“Iya sudah semua dibongkar (Pedagang kaki lima maupun posko Ormas) tadi pagi,” kata Kepala Satpol PP Kota Bekasi, Abi Hurairah, Jumat (23/9/2022) dalam pesan WhatsApp.

Abi tak menampik, pembongkaran telah dilakukan setelah mediasi antara Pemkot Bekasi melalui DBMSDA.

Sekretaris DBMSDA Kota Bekasi, M. Solikhin, mengatakan, pihaknya belum bisa melakukan pembongkaran bangunan ormas tersebut karena alasan tertentu.

“Semua yang ada di bantaran kali seharusnya dibongkar, cuma memang ada satu dan lain hal dari teman-teman ormas untuk diminta dia tidak dibongkar dulu,” kata Solikhin.

Sebagai informasi, pembongkaran posko Ormas di Kali Jati dilakukan menggunakan alat berat berupa excavator. Adapun Pemkot Bekasi didampingi dari unsur TNI/Polri.

Pembongkaran Bangli semi permanen posko Ormas itu kini sudah menjawab kegelisahan masyarakat.

  • Bagikan