# Go-News

Terkendala Alat, Tes Kesehatan Massal di Stadion Patriot Bekasi Ditunda

Tiga Warga Kota Bekasi Dikabarkan Tewas Terinfeksi Corona, Ketua Satgas Covid-19 Angkat Bicara
Ketua Satgas Darurat Penanggulangan Bencana Covid-19 Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono

Wacana Pemerintah Kota Bekasi bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan tes massal kesehatan dalam menyikapi penyebaran Covid-19 atau Virus Corona di Stadion Patriot Candrabhaga ditunda. Mekanisme tes kesehatan massal itu direncanakan menggunakan sistem door to door.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Darurat Penanggulangan Bencana Covid-19 Kota Bekasi, yang juga menjabat sebagai Wakil Wali Kota, Tri Adhianto Tjahyono Penundaan itu pun telah disampaikan kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“(Tes kesehatan massal Covid-19) ditunda, belum ditentukan jadwal (dari sebelumnya dijadwalkan pada, Selasa besok),” kata Tri, Senin (23/3/2020) saat dikonfirmasi melalui sambungan selularnya kepada gobekasi.id.

Menurutnya, penundaan tes kesehatan massal corona didasari atas belum ada ketersediaan alat. Juga demikian terdapat mekanisme atau pola penanganan tes kesehatan secara massal.

“Ditunda alatnya belum siap, ditunda tidak besok dan juga mekanismenya dirubah,” tegas Tri.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunjuk Stadion Patriot Candrabhaga yang berlokasi di Jalan Ahamad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, sebagai lokasi tes kesehatan massal. Tes itu berupa cek darah, dahak pada batuk bagi warga terdampak Covid-19 atau Virus Corona.

Menurutnya, Stadion Patriot dijadikan lokasi tes kesehatan massal bukan saja bagi warga Kota Bekasi. Melainkan diperuntukan juga bagi warga Kabupaten Bekasi dan Karawang. Kegiatan ini mulai berlaku pada pekan depan.

Emil sapaan hangatnya mengemukakan bahwa wilayah Jabodetabek menjadi episentrum penyebaran Virus Covid-19. Di Jawa Barat sendiri saat ini terdata sebanyak 41 orang dari 55 orang positif terinfeksi Virus Corona.

“Saya hadir ke Kota Bekasi untuk berkordinasi dengan Walikota Bekasi dan mengecek kesiapan Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi untuk dipergunakan dalam pemeriksaan yang bakal direncakan digelar mulai Selasa atau Rabu pekan depan. Ini karena menunggu alat pendukung dari Pemerintah Pusat,” kata Ridwan Kamil, Minggu (22/3/2020) di Stadion Patriot Chandrabaga kepada wartawan.

Emil mengatakan pada tahap pertama akan dilakukan pemeriksaan bagi warga dalam kategori atau kriteria sebagai Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan 50 orang sekitar ODP, kemudian Pasien Dalam Pemantauan (PDP) beserta 50 orang masing-masing sekitar PDP, termasuk Positiv Covid-19 dan 50 orang sekitar Positif Covid -19.

Kemudian pemeriksaan kesehatan juga dilakukan bagi kriteria kedua, bagi petugas kesehatan dimana mereka profesinya banyak berinteraksi dengan masyarakat seperti camat, lurah, pemuka agama, dan kiyai.

(FIR)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top