RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

Peran Islam Dalam Perubahan Sosial

  • Bagikan
Ilustrasi sejarah perkembangan peradaban Islam. Foto: Getty Images
Ilustrasi sejarah perkembangan peradaban Islam. Foto: Getty Images

Islam sebagai agama ‘Rahmatan lil almin’mambawa perubahan bagi umat manusia. Perubahan dalam pola hubungan sosial akan menuju pada perubahan nilai dan norma. Sebaliknya perubahan dalam ide dan nilai secara singkat akan mengarah pada terjadinya perubahan dalam hubungan sosial. Maka dari itu munculnya agama islam mebawa perubahan yang sangat drastis pada nilai, norma maupun sosial pada kehidupan umat manusia.

Masyarakat dalam kehidupan bersifat dinamis, masyarakat akan terus membawa perubahan dari segi sosial, politik maupun ekonomi samapi kapan pun. Dan niali dan norma agama akan mengarahkan baik atau buruknya perubahan yang dilakukan umat manusia.

Agama yang akan menjadi acuan pergerakan manusia dimuka bumi ini untuk melakukan perubahan yang baik dan menguntungkan.

Secara garis besar penyebab terjadinya perubahan sosial dalam masyarakat terdiri dari dua faktor, yakni:

1. Faktor internal

Perubahan sosial dalam masyarakat bisa disebabkan dengan: perubahan kependudukkan, penemuan, konflik dalam masyarakat.

2. Faktor eksternal

Faktor eksternal, yaitu sumber perubahan sosial ini berasal dari luar masyarakat bersangkutan. Faktor eksternal ini meliputi antara lain: lingkungan, dan pengaruh kebudayaan lain.

Agama dalam kehidupan manusia berfungsi sebagai suatu sistem nilai yang membuat norma norma tertentu. Agama sangatlah penting dalam kehidupan manusia sebagai acuan hidup yang benar, sehingga diakui ataupun tidak agama sesungguhnya manusia sangat membutuhkan agama.

Maka dari itu munculnya islam untuk membawa umat manusia ke jalan yang benar dan untuk menjalani kehidupan yang aman dan tentram. Islam adalah agama yang sebenar benar nya bagi yang memelukya.

Banyak penelitian-penelitian yang telah dilakukan berkenaan dengan ajaran agama dalam memberikan dorongan kepada pemeluknya untuk turut berpartisipasi dalam suatu proses perubahan dan memberi kan motivasi terhadap proses aktif dalam pembangunan masyarakat. Pendiri agama, tokoh agama, pengikut dan penganut agama sering datang dari berbagai latar belakang sosial yang berbeda, dari kondisi sosial berbeda inilah yang menjadikan sebab muncul dan menyebarnya ide dan nilai yang pada akhirnya nanti dapat mempengaruhi tindakan manusia dalam hidup bermasyarakat.

Dalam bermasyarakat pasti adanya perubahan entah dari segi sosial, politik maupun ekonomi. Terlebih lagi dengan muncul nya agama islam, membawa perubahan sosial yang tinggi. Sebagai contoh di neegeri jazirah arab dahulu yang disebut zaman ‘jahiliyah’. Mereka menyembah patung berhala, membunuh anak perempuan, perang antar suku, meminum khamr, memperjualbelikan budak, dan lainlain.

Mereka bertindak semaunya dan tidak ada keadilan untuk semua manusia, saat itulah agama islam muncul dan membawa perubahan yang sangat besar dan membawa ketrentraman hidup dengan adanya nilai dan norma yang berlaku untuk umat manusia. Maka dapat dikatakan peran agama islam sangat berpengaruh terhadap perubahan sosial. Islam dapat mengubah budaya budaya yang sangat buruk menjadi jauh lebih baik dan damai, tak ada lagi peperangan ataupun pembunuhan yang diperbolehkan.

DAFTAR PUSTAKA

http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/istinbath/article/download/776/pdf/ https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/8726/1/SUPRIYANTO-

Penulis: Adinda Fitria Yasmin

RajaBackLink.com
  • Bagikan
RajaBackLink.com RajaBackLink.com RajaBackLink.com RajaBackLink.com